POLA KOMUNIKASI ANTARA GURU DENGAN SISWA TUNARUNGU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH INKLUSI (STUDI PADA SISWA DAN GURU SMK NEGERI 4 KOTA PADANG)

Lisa, Oktriani Yusri (2016) POLA KOMUNIKASI ANTARA GURU DENGAN SISWA TUNARUNGU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH INKLUSI (STUDI PADA SISWA DAN GURU SMK NEGERI 4 KOTA PADANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak Lisa.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 Lisa.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB 5 Lisa.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Lisa.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text Lisa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Proses belajar di sekolah akan membentuk sebuah pola komunikasi antara guru dan siswa. Penelitian ini meneliti tentang pola komunikasi seperti apa yang terbentuk antara guru dengan siswa tunarungu dalam proses pembelajaran, serta menjelaskan pemaknaan pada proses interaksi guru dengan siswa tunarungu dikelas dengan menggunakan komunikasi nonverbal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola komunikasi antara guru dengan siswa tunarungu di sekolah inklusi SMK Negeri 4 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori Coordinate Management of Meaning untuk menganalisa permasalahan. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivis. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara obeservasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini diambil dengan cara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua jenis komunikasi yang terbentuk antara guru dan siswa tunarungu didalam kelas yaitu komunikasi satu arah dan dua arah sehingga guru dan siswa tunarungu mencapai kesamaan makna dan proses belajar berjalan dengan lancar. Kategori siswa tunarungu yang terbentuk dalam pola komunikasi terbagi atas dua jenis yaitu siswa tunarungu yang memiliki minat tinggi dan siswa tunarungu yang memiiki minat rendah bersekolah di SMK Negeri 4 Padang. Bentuk komunikasi nonverbal yang digunakan adalah kinetics dan sentuhan (touching). Kata Kunci : Pola Komunikasi, Tunarungu, Sekolah Inklusi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 28 Oct 2016 02:47
Last Modified: 28 Oct 2016 02:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18112

Actions (login required)

View Item View Item