ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA DAN DURASI PEKERJAAN KOLOM SETEBAL DINDING DENGAN KOLOM BIASA PADA RUMAH KOPEL DI PERUMAHAN CLUSTER

RAHMAT, HIDAYAT (2016) ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA DAN DURASI PEKERJAAN KOLOM SETEBAL DINDING DENGAN KOLOM BIASA PADA RUMAH KOPEL DI PERUMAHAN CLUSTER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img] Text (TA FULL TEXT)
TA FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penggunaan kolom setebal dinding di proyek konstruksi seperti pembangunan perumahan merupakan fenomena yang dapat dikatakan menarik. Hal ini karena dari alasan mengapa kolom setebal dinding digunakan yaitu menyangkut nilai keindahan dan efesiensi. Rumah yang menggunakan kolom setebal dinding terlihat lebih indah dan rapi karena tidak adanya kolom yang menonjol keluar. Selain nilai arsitektur, ada nilai struktur yang harus dipenuhi sebuah bangunan. Rumah jenis kopel yang sering digunakan di cluster menjadi salah satu objek penggunaan kolom setebal dinding. Dari segi struktur bisa dibandingkan nilai kapasitas penampang antara kolom setebal dinding dengan kolom biasa. Dari hal tersebut dapat dilihat kolom mana yang lemah dan kuat. Dari penampang dapat dilihat berapa volume pekerjaan kolom tersebut dan hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap biaya dan durasi pekerjaan. Setelah dilakukan analisa struktur yaitu dilihat dari kapasitas penampang kolom tersebut, kolom setebal dinding dengan kondisi sisi horizontal panjangnya 300 mm dan sisi vertikal panjangnya 130 mm merupakan kolom terlemah untuk memikul beban jika dibandingkan kolom biasa yang simetris seperti kolom 200 x 200 mm dan kolom 250 x 250 mm. namun setelah dilakukan analisa biaya dan durasi pekerjaan, kolom setebal dinding memakan biaya lebih murah dan membutuhkan durasi yang lebih cepat. Kata kunci : kolom setebal dinding, arsitektur, struktur, biaya, waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 27 Oct 2016 08:36
Last Modified: 27 Oct 2016 08:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18077

Actions (login required)

View Item View Item