Analisis Komunikasi Tentang Kekuatan dan Kelemahan Strategi Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bukittinggi

Yollanda, Yollanda (2016) Analisis Komunikasi Tentang Kekuatan dan Kelemahan Strategi Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bukittinggi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh apa yang membuat tingkat kedatangan wisatawan ke Bukittinggi meningkat setiap tahun baik dari wisatawan lokal dan mancanegara, sedangkan promosi yang dilakukan tidak begitu gencar. Fokus penelitian ini adalah melihat bagaimana usaha dan strategi seperti apa yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bukittinggi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Serta mengetahui kekuatan dan kelemahan dari strategi yang dilakukan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana strategi promosi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bukittinggi khususnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bukittinggi dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Sementara itu, teknik keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teori citra dan teori Media Richness yang dikemukakan oleh Richard. L. Daft dan Robert. H. Lengel. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwapihak dinas melakukan cukup banyak cara dalam berpromosi dan kekuatannya terletak pada image Bukittinggi itu sendiri, dan juga pelaksanaan metode table top yang memberikan hasil yang cukup memuaskan. Selain itu penggunaan media sosial memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap aktifitas promosi. Kendala dalam melakukan promosi terletak pada SDM yang kurang dan dana yang membuat beberapa kegiatan tidak dilaksanakan. Serta kurangnya kerjasama dengan pihak terkait membuat permasalahan yang ada tidak terselesaikan dengan baik. Kata kunci : Pariwisata, Strategi Promosi, Wisatawan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 27 Oct 2016 07:29
Last Modified: 27 Oct 2016 07:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18071

Actions (login required)

View Item View Item