Yollanda, Yollanda (2016) Analisis Komunikasi Tentang Kekuatan dan Kelemahan Strategi Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bukittinggi. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (261kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (374kB) | Preview |
|
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (212kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (136kB) | Preview |
|
Text (Skripsi full)
SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (798kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh apa yang membuat tingkat kedatangan wisatawan ke Bukittinggi meningkat setiap tahun baik dari wisatawan lokal dan mancanegara, sedangkan promosi yang dilakukan tidak begitu gencar. Fokus penelitian ini adalah melihat bagaimana usaha dan strategi seperti apa yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bukittinggi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Serta mengetahui kekuatan dan kelemahan dari strategi yang dilakukan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana strategi promosi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bukittinggi khususnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bukittinggi dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Sementara itu, teknik keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teori citra dan teori Media Richness yang dikemukakan oleh Richard. L. Daft dan Robert. H. Lengel. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwapihak dinas melakukan cukup banyak cara dalam berpromosi dan kekuatannya terletak pada image Bukittinggi itu sendiri, dan juga pelaksanaan metode table top yang memberikan hasil yang cukup memuaskan. Selain itu penggunaan media sosial memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap aktifitas promosi. Kendala dalam melakukan promosi terletak pada SDM yang kurang dan dana yang membuat beberapa kegiatan tidak dilaksanakan. Serta kurangnya kerjasama dengan pihak terkait membuat permasalahan yang ada tidak terselesaikan dengan baik. Kata kunci : Pariwisata, Strategi Promosi, Wisatawan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 27 Oct 2016 07:29 |
Last Modified: | 27 Oct 2016 07:29 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18071 |
Actions (login required)
View Item |