Alasan dan Dinamika istri Tinggal di Rumah Suami dalam Masyarakat Minangkabau (Studi Kasus Nagari Padang Gantiang Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat)

Gines, Novriani (2016) Alasan dan Dinamika istri Tinggal di Rumah Suami dalam Masyarakat Minangkabau (Studi Kasus Nagari Padang Gantiang Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 4)
3.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu kebiasaan yang telah terjadi dalam Adat Minangkabau yaitu keluarga yang telah menikah tinggal di rumah istrinya bukan di rumah suami, tapi sekarang ada beberapa orang yang tinggal di rumah suaminya. Tujuan penelitan ini adalah 1) Mendeskripsikan alasan dan dinamika istri tinggal di rumah suami dalam masyarakat Minangkabau. 2) Mendeskripsikan konsekuensi sosiologis terhadap peran dan interaksi istri tinggal di rumah suami dalam adat Minangkabau. Untuk memahami permasalahan ini, peneliti menggunakan teori strukturasi yang dikemukakan oleh Anthony giddens. Penelitian ini menggunakan metode hermeneutika ganda dengan tipe deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi terlibat dan wawancara mendalam. Pemilihan informan adalah dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan istri tinggal di rumah suami dalam masyarakat Minangkabau ada empat macam yaitu merawat mertua, pekerjaan, rumah kosong dan ekonomi keluarga istri yang tidak memadai. Sedangkan tujuan yang kedua tentang konsekuensi sosiologis terhadap peran dan interaksi istri tinggal di rumah suami dalam adat Minangkabau ada dua macam yaitu menggap istri seperti anak kandung dalam keluraga dan terjadinya konflik antara istri dengan keluarga suami. Merujuk pada pendapat Giddens bahwa terdapatnya interaksi dualitas antara pelaku dan struktur. Informan Pelaku dalam penelitian ini adalah istri yang tinggal di rumah suami, sedangkan informan pengamat datuak Nagari Padang Gantiang, bundo kanduang dan masyarakat sekitar. sedangkan struktur ada sebagai mengekang (constraining) dan memberdayakan (enabling). Berdasarkan fenomena peneliti angkat ini terjadi ada beberapa kasus di Nagari Padang Gantiang tidak merubah adat yang lain walaupun keluarga tinggal di rumah suami. Kata kunci: Dinamika, alasan, istri, rumah suami, adat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 27 Oct 2016 07:52
Last Modified: 28 Oct 2016 00:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18059

Actions (login required)

View Item View Item