KEPATUHAN INDONESIA TERHADAP KONVENSI ILO NO. 182 TENTANG PELARANGAN DAN TINDAKAN SEGERA PENGHAPUSAN BENTUK-BENTUK PEKERJAAN TERBURUK UNTUK ANAK

wulan, firma sari (2016) KEPATUHAN INDONESIA TERHADAP KONVENSI ILO NO. 182 TENTANG PELARANGAN DAN TINDAKAN SEGERA PENGHAPUSAN BENTUK-BENTUK PEKERJAAN TERBURUK UNTUK ANAK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kepatuhan Indonesia terhadap Konvensi ILO No. 182 tentang Pelarangan dan Tindakan Segera Penghapusan Bentuk-bentuk Pekerjaan Terburuk untuk Anak sebagai rezim internasional. Konvensi ini membahas mengenai pelarangan dan penghapusan bentuk-bentuk pekerjaan yang membahayakan bagi kesehatan, keselamatan, dan moral anak. Melakukan ratifikasi terhadap konvensi tersebut, merupakan salah satu upaya Indonesia dalam menangani permasalahan pekerja anak yang masih tergolong tinggi. Pascaratifikasi, Indonesia menjadi terikat secara hukum untuk memenuhi ketentuan-ketentuan yang berlaku di dalamnya. Penelitian ini memaparkan deskripsi mengenai apa saja yang sudah dilakukan Indonesia dalam menangani permasalahan pekerja anak untuk mematuhi Konvensi ILO No. 182. Penelitian ini menggunakan pendekatan rezim internasional untuk melihat pengaruh rezim terhadap kebijakan suatu negara dan konsep compliance atau kepatuhan negara terhadap rezim internasional untuk menganalisa kepatuhan Indonesia terhadap Konvensi ILO No.182. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data sekunder. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Indonesia dinyatakan patuh terhadap kesepakatan yang sudah tercantum di dalam Konvensi tersebut. Kepatuhan ini dibuktikan melalui penerapan berbagai kebijakan nasional dan aksi nyata yang dilakukan pemerintah, sehingga berdampak pada penurunan jumlah pekerja anak setiap tahunnya. Kata kunci : Pekerja Anak, Konvensi ILO No.182, Indonesia, Rezim Internasional, Kepatuhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JF Political institutions (General)
J Political Science > JX International law
J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 26 Oct 2016 02:22
Last Modified: 26 Oct 2016 02:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17922

Actions (login required)

View Item View Item