HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI WILAYAH BIDAN DENGAN KUALITAS PELAYANAN DALAM PELAKSANAAN KERJA KECAMATAN LUBUK SIKAPING KABUPATEN PASAMAN

RYANDINATA, SAPUTRA (2015) HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI WILAYAH BIDAN DENGAN KUALITAS PELAYANAN DALAM PELAKSANAAN KERJA KECAMATAN LUBUK SIKAPING KABUPATEN PASAMAN. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
137.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Program jaminan kesehatan nasional diterapkan pada tahun 2014 merupakan solusi yang diberikan pemerintah untuk memudahkan masyarakat mendapatkan akses kesehatan secara penuh termasuk persalinan. Namun prosedur pelaksanaan program ini kurang menguntungkan bidan yang dapat menyebabkan ketidakpuasan bidan. Ketidakpuasan bidan dapat berdampak kepada buruknya kualitas pelayanan yang diberikan bidan dalam membantu persalinan. Kepuasan kerja bidan yang baik diasumsikan mampu memberikan kualitas pelayanan yang baik. Kepuasan bidan ini penting karena bidan dapat merasakan apa yang diterimanya atas hasil pelayanan yang diberikannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan antara kepuasan kerja bidan dengan kualitas pelayanan dalam pelaksanaan program jaminan kesehatan nasional di wilayah kerja Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Penelitian ini dilakukan kepada seluruh bidan yang melakukan praktek di wilayah kerja Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman serta pasien persalinan program jaminan kesehatan nasional yang telah dilayani oleh bidan tersebut. Alat ukur yang digunakan adalah skala kepuasan kerja berdasarkan teori Spector (1997). Yang terdiri dari 44 aitem (rix= 0. 959) dan skala kualitas pelayanan berdasarkan teori Parasuraman, Zeithaml, dan Berry (1990) yang terdiri dari 49 aitem (rix= 0. 948). Analisis data dilakukan dengan analisis korelasi product moment dari Pearson. Menggunakan program SPSS. Dan didapatkan nilai r= 0.410 dengan p=0,005 (p < 0.05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja bidan berhubungan positif dengan kualitas pelayanan dalam pelaksanaan program jaminan kesehatan nasional di wilayah kerja Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Kata kunci : kepuasan kerja, kualitas pelayanan, bidan, program jaminan kesehatan nasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Ms Meldiany Ramadhona
Date Deposited: 24 Feb 2016 08:41
Last Modified: 24 Feb 2016 08:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/1790

Actions (login required)

View Item View Item