Respon Maskapai Garuda Indonesia Terhadap Penerapan Rezim United Nation Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) Melalui International Civil Aviation Organization (ICAO)

Khairani, Mukhlis (2016) Respon Maskapai Garuda Indonesia Terhadap Penerapan Rezim United Nation Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) Melalui International Civil Aviation Organization (ICAO). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.PDF - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB_I.PDF - Published Version

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V.PDF - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img] Text (Full Skripsi)
FULL SKRIPSI.PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini ditulis untuk menjelaskan mengenai respon Garuda Indonesia terhadap penerapan aturan pengurangan emisi karbon sektor penerbangan. Aturan pengurangan emisi karbon di sektor penerbangan ini dikarenakan adanya peningkatan permintaan jasa penerbangan berdampak pada lingkungan. ICAO sebagai organisasi yang dimandatkan oleh UNFCCC mengajak negara anggota untuk ikut serta dalam pengurangan emisi penerbangan.. Target regulasi tersebut ditunjukan ke maskapai penerbangan sebagai pemain sektor penerbangan sipil.. Teori yang akan digunakan yakni teori kepatuhan menurut Olsen dan March sebagai analisis respon Garuda Indonesia. Analisis kepatuhan berdasarkan logika kepatuhan dan konsekuensi yang diturunkan kedalam beberapa indikator. Indikator logika kepatuhan, yaitu norma, perilaku, identitas, implementasi dan internasionalisasi. Sedangkan indikator logika konsekuensi, yaitu hasil eksplisit, kalkulasi aturan, benefit and cost, kesadaran. Hasil penelitian ini adalah Garuda Indonesia merespon penerapan ini berdasarkan logika kepatuhan dengan melihat aturan pengurangan emisi karbon sektor penerbangan semestinya dipatuhi. Sedangkan berdasarkan logika konsekuensi kepatuhan Garuda Indonesia tidak terlepas dari kalkulasi penerapan rezim di masa akan datang yang dipengaruhi oleh keuntungan serta kalkulasi biaya penerapan rezim. Keywords; Penerbangan Sipil, ICAO, Aturan Pengurangan Emisi Karbon, Garuda Indonesia, Teori Kepatuhan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 26 Oct 2016 06:19
Last Modified: 26 Oct 2016 06:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17827

Actions (login required)

View Item View Item