PENGARUH DOSIS INOKULUM DAN LAMA FERMENTASI KULIT KAKAO DENGAN Bacillus amyloliquefaciens TERHADAP KANDUNGAN BAHAN KERING, PROTEIN KASAR DAN RETENSI NITROGEN

Fauziah, Fauziah (2016) PENGARUH DOSIS INOKULUM DAN LAMA FERMENTASI KULIT KAKAO DENGAN Bacillus amyloliquefaciens TERHADAP KANDUNGAN BAHAN KERING, PROTEIN KASAR DAN RETENSI NITROGEN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
BAB V kesimpulan dan saran ok.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I baru OK.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi pdf lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Suatu penelitian telah dilakukan untuk mengetahui pengaruh dosis inokulum dan lama fermentasi kulit kakao menggunakan Bacillus amyloliquefaciens terhadap kandungan bahan kering, protein kasar dan retensi nitrogen. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap ( RAL ) pola faktorial 3 x 3 dengan 2 ulangan. Faktor A adalah dosis inokulum yaitu A1 = 1 gr; A2 = 3 gr dan A3 = 6 gr dalam 100 gr bahan dan faktor B adalah lama fermentasi yaitu B1 = 2 hari; B2 = 4 hari dan B3 = 6 hari. Peubah yang diamati adalah kandungan bahan kering (%), protein kasar (%) dan retensi nitrogen (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara dosis inokulum dan lama fermentasi kulit kakao terhadap kandungan bahan kering, protein kasar dan retensi nitrogen. Dosis inokulum menunjukan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan bahan kering, protein kasar dan retensi nitrogen. Lama fementasi menunjukkan pengaruh yang berbeda nyata (P<0,05) terhadap kandungan protein kasar dan retensi nitrogen. Kesimpulannya, dosis inokulum dan lama fermentasi yang terbaik atau optimal dalam fermentasi kulit kakao dengan Bacillus amyloliquefaciens adalah dosis inokulum 3% dan lama fermentasi 4 hari yang memberikan kandungan bahan kering 36,79%, protein kasar 9,23% dan retensi nitrogen 65,43%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QR Microbiology
S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 28 Oct 2016 03:07
Last Modified: 28 Oct 2016 03:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17806

Actions (login required)

View Item View Item