Pengakuan Terpisah Komponen Penunjang Bangunan Gedung dalam Akuntansi Aset Tetap Pemerintah (Studi pada IAIN Imam Bonjol Padang)

Fajri, Hidayat (2016) Pengakuan Terpisah Komponen Penunjang Bangunan Gedung dalam Akuntansi Aset Tetap Pemerintah (Studi pada IAIN Imam Bonjol Padang). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
2-BAB_1.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
3-BAB-5.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4-Daftar_Pustaka.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
5-Tesis_Fajri_Hidayat_2016.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Tesis ini memberikan bukti empiris terkait penerapan akuntansi aset tetap di tingkat satuan kerja kementerian/lembaga, dengan lokasi penelitian pada IAIN Imam Bonjol Padang. Melalui penelitian ini dapat dibuktikan bahwa pencatatan nilai nilai aset tetap pada Laporan Posisi Keuangan yang bersumber dari konversi nilai belanja modal pada LRA cenderung menimbulkan masalah bila kodefikasi akun belanja tidak memuat pemisahan pencatatan komponen penunjang bangunan gedung. Penelitian dalam tesis ini menggunakan metode deskriptif dengan cara penelusuran data historis/dokumentasi. Data-data yang diteliti bersumber dari dokumentasi perencanaan/anggaran, realisasi anggaran serta pelaporan keuangan IAIN Imam Bonjol Padang tahun 2015, khususnya yang berkaitan dengan belanja modal dan pencatatan aset tetap. Dokumentasi tersebut dimulai dari DIPA, RKA-KL, SPM, Dokumen Kontrak, Laporan Konsultan Pengawas, Laporan Kontraktor Pelaksana Pekerjaan Pembangunan Konstruksi, Laporan Keuangan dari aplikasi SAIBA, serta data dari SIMAK-BMN. Pengolahan data dilakukan dengan metode statistik deskriptif dengan bantuan program aplikasi Microsoft Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan setelah dilakukan pemisahan pengakuan komponen penunjang bangunan gedung, nilai penambahan aset tetap pada Laporan Posisi Keuangan IAIN Imam Bonjol Padang tahun 2015 mengalami perubahan yang signifikan. Kesimpulan penelitian ini adalah diperlukannya reklasifikasi setelah nilai belanja modal dikonversi menjadi nilai aset tetap agar sesuai dengan PSAP 07, dan anggaran pemeliharaannya dapat pula dianggarkan. Kata Kunci: Belanja Modal, Aset Tetap, Gedung dan Bangunan, Pengakuan Aset Tetap, PSAP 07, Reklasifikasi, SAP

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 04 Nov 2016 07:05
Last Modified: 04 Nov 2016 07:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17777

Actions (login required)

View Item View Item