REPRESENTASI CITRA PEREMPUAN “GAUL DAN FASHIONABLE” (Analisis Semiotika Model Barthes dalam Memaknai Perempuan Gaul dan Fashionable Pada Foto Majalah Fashion Gogirl!)

AIDIL, FACHREZA (2015) REPRESENTASI CITRA PEREMPUAN “GAUL DAN FASHIONABLE” (Analisis Semiotika Model Barthes dalam Memaknai Perempuan Gaul dan Fashionable Pada Foto Majalah Fashion Gogirl!). Diploma thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
130.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Foto dalam majalah merupakan produk komunikasi yang memiliki pesan yang ditampilkan melalui tanda-tanda objek visual yang dapat diinterpretasikan. Majalah Gogirl! banyak menyajikan foto yang digunakan sebagai sarana menyajikan gambaran fashion untuk menunjang pengetahuan perempuan dan alternatif pilihan busana bagi pembacanya. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan makna denotasi, konotasi dan mitos dari representasi citra perempuan gaul dan fashionable pada foto majalah Gogirl!. Penelitian ini menggunakan paradigma kritis. Pendekatan penelitiannya menggunakan kualitatif dengan metode analisis semiotika. Unit analisis terdiri atas 2 rubrik fashion majalah Gogirl! edisi Juni 2014 yakni rubrik Celeb Style: Emma Stone dan rubrik It’s Happening: Met Gala Best Dressed 2014. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan melalui semiotika model signifikansi dua tahap Barthes yang terdiri atas makna denotasi yang terdiri atas interaksi penanda dan petanda pada tahap pertama; dan makna konotasi serta mitos pada tahap kedua. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa makna denotasi yang diperlihatkan Gogirl! dalam merepresentasikan citra perempuan gaul dan fashionable ditunjukan dengan menampilkan produk-produk fashion dari label-label fashion terkenal seperti seperti produk mensy jacket Topshop, Glitter Box Clutch Zara; desainer-desainer dan rumah mode terkenal seperti Chanel, Prada, Stella McCartney, Calvin Klein, dan icon-icon fashion seperti Emma Stone, Rihanna, Cara Delevingne. Makna konotasi dari berbagai produk fashion, desainer dan rumah mode terkenal serta icon-icon fashion dunia yang ditampilkan Gogirl! ditunjukan untuk memberikan informasi yang berguna bagi perempuan untuk tampil gaul dengan wawasan luas dan fashionable dengan menunjukan kesan mahal, seksi, unik, open minded, glamor, klasik, dapat bersosialisasi, hingga sifatsifat percaya diri. Makna mitos dari citra gaul dan fashionable yang ditampilkan Gogirl! dipercaya berorientasi pada gaya hidup dan budaya Barat (khususnya) Amerika sehingga menimbulkan adanya kepercayaan akan konsep westernisasi yang juga menghadirkan gaya hidup konsumerisme bagi kalangan pembaca perempuan yang bersegmentasi usia remaja. Kata kunci: Perempuan, gaul, fashionable, semiotika Barthes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ms Meldiany Ramadhona
Date Deposited: 24 Feb 2016 04:48
Last Modified: 24 Feb 2016 04:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/1766

Actions (login required)

View Item View Item