PRODUKSI DAN KUALITAS SUSU KERBAU YANG DIPELIHARA SECARA TRADISIONAL DAN DIBERI SUPLEMEN DAUN UBI KAYU, DAUN KATUK DAN DAUN GAMAL DI SIJUNJUNG

Fajriyah, Nur (2016) PRODUKSI DAN KUALITAS SUSU KERBAU YANG DIPELIHARA SECARA TRADISIONAL DAN DIBERI SUPLEMEN DAUN UBI KAYU, DAUN KATUK DAN DAUN GAMAL DI SIJUNJUNG. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
fix uplod.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui produksi dan kualitas susu kerbau yang dipelihara secara tradisional yang diberi daun ubi kayu, daun katuk dan daun gamal sebagai pakan suplemen di Sijunjung. Ternak yang digunakan pada penelitian ini adalah kerbau laktasi sebanyak 4 ekor yang terdapat di Kanagarian Pematang Panjang Kabupaten Sijunjung. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Bujur Sangkar Latin (RBSL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan tersebut adalah pemberian rumput lapangan (A), pemberian daun ubi kayu (B), pemberian daun katuk (C), dan pemberian daun gamal (D) masing-masing 5kg/ekor/hari. Peubah yang diamati adalah produksi susu dan kualitas susu (lemak dan protein). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberian pakan suplemen daun ubi kayu, daun katuk dan daun gamal dapat meningkatkan produksi dan kualitas susu kerbau. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian daun ubi kayu memberikan hasil yang terbaik dibandingkan daun katuk dan daun gamal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 24 Oct 2016 07:45
Last Modified: 24 Oct 2016 07:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17612

Actions (login required)

View Item View Item