PEMANFAATAN LIMBAH CAIR GAMBIR SEBAGAI TEAT DIPPING ALAMI TERHADAP KONDISI MASTITIS, TOTAL KOLONI BAKTERI DAN pH SUSU SAPI PERAH

FITRI, AYU NINGSIH (2016) PEMANFAATAN LIMBAH CAIR GAMBIR SEBAGAI TEAT DIPPING ALAMI TERHADAP KONDISI MASTITIS, TOTAL KOLONI BAKTERI DAN pH SUSU SAPI PERAH. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
4. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
13. KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
9. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI LGKP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan limbah cair gambir sebagai teat dipping terhadap kondisi mastitis, total koloni bakteri dan pH susu sapi FH. Penelitian dilaksanakan di Kelompok Tani Tunas Baru Padang Panjang dengan menggunakan sampel 20 puting sehat yang berasal dari 6 ekor sapi perah FH dengan kondisi laktasi 2-3 dan bulan laktasi 3-5. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan A. bahan teat dipping komersial (sierades); B. teat dipping limbah cair gambir 20%; C. teat dipping limbah cair gambir 40%; D. teat dipping limbah cair gambir 60%; E. teat dipping limbah cair gambir 80% dalam air dan peubah yang diukur adalah kondisi mastitis, total koloni bakteri dan pH susu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan limbah cair gambir sebagai teat diping tidak berpengaruh nyata terhadap penurunan kondisi mastitis (P>0,05), tidak berpengaruh nyata terhadap penurunan total koloni bakteri (P>0,05) dan berpengaruh sangat nyata terhadap pH susu (P<0,01) dengan rataan pH perlakuan A, B, C, D, dan E secara berturut-turut adalah 6,73, 6,77, 6,72, 6,68 dan 6,56. Perlakuan dengan penggunaan limbah cair gambir dengan konsentrasi 80 % merupakan perlakuan terbaik terhadap penurunan kondisi mastitis, penurunan total koloni bakteri dan mempertahankan pH susu yang normal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 24 Oct 2016 07:43
Last Modified: 24 Oct 2016 07:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17608

Actions (login required)

View Item View Item