PENGARUH KEPADATAN KANDANG DAN LEVEL PROTEIN RANSUM TERHADAP KARKAS, LEMAK ABDOMEN, JANTUNG, HATI, DAN VENTRIKULUS ITIK KAMANG JANTAN PERIODE STARTER

BIMA, RAHMAN HADI (2016) PENGARUH KEPADATAN KANDANG DAN LEVEL PROTEIN RANSUM TERHADAP KARKAS, LEMAK ABDOMEN, JANTUNG, HATI, DAN VENTRIKULUS ITIK KAMANG JANTAN PERIODE STARTER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
8. bab 1.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
12. bab 5.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
full skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi kepadatan kandang dan level protein ransum terhadap karkas lemak abdomen, jantung, hati, dan ventrikulus itik Kamang jantan periode starter. Penelitian ini menggunakan 108 ekor itik Kamang jantan yang berumur 1 minggu yang ditempatkan pada 24 unit kandang boks. Percobaan ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 4 x 3 dengan 2 kelompok sebagai ulangan. Faktor A adalah kepadatan kandang yaitu 3 ekor (A1), 4 ekor (A2), 5 ekor (A3), 6 ekor (A4) dan faktor B adalah level protein ransum 18% (B1), 20% (B2), 22% (B3). Peubah yang diamati adalah bobot hidup, bobot karkas, persentase karkas, pesentase lemak abdomen, bobot jantung, bobot hati, dan bobot ventrikulus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi yang nyata (P>0.05) antara kepadatan kandang dan level protein ransum terhadap bobot hidup, bobot karkas, persentase karkas, pesentase lemak abdomen, bobot jantung, bobot hati, dan bobot ventrikulus itik Kamang jantan fase starter, begitu juga dengan perlakuan level protein ransum yang menunjukkan pengaruh tidak nyata (P>0,05). Perlakuan kepadatan kandang terhadap bobot hidup, bobot karkas, persentase karkas menunjukkan pengaruh sangat nyata (P<0,01), tetapi menunjukkan pengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap pesentase lemak abdomen, bobot jantung, bobot hati, dan bobot ventrikulus itik Kamang jantan periode starter. Kepadatan kandang dan level protein ransum terbaik untuk itik Kamang jantan fase starter adalah kepadatan 3 ekor (A1) dan level protein 18% (B1) dengan bobot karkas dan persentase karkas 777,50 g dan 65,67%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 25 Oct 2016 02:32
Last Modified: 25 Oct 2016 02:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17598

Actions (login required)

View Item View Item