Novita, Mutia (2016) ANALISIS PENCAIRAN KLAIM BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ACHMAD MOCHTAR BUKITTINGGI TAHUN 2014. Masters thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (186kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (Bab Penutup)
Bab Penutup.pdf - Published Version Download (76kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (198kB) | Preview |
|
Text (Full Thesis)
Full Thesis Novita Mutia.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS ANDALAS PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT Tesis, Desember 2015 NOVITA MUTIA, BP: 1320322026 ANALISIS PENCAIRAN KLAIM BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ACHMAD MOCHTAR BUKITTINGGI TAHUN 2014 x+113 halaman, 24 tabel, 5 Gambar,6 lampiran ABSTRAK Penyediaan sarana kesehatan baik pemerintah maupun swasta dalam melayani masyarakat memerlukan biaya yang tidak sedikit, walaupun demikian harus tetap memperhatikan fungsi sosial, tidak semata-mata mencari keuntungan. Salah satu sumber pendapatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi berasal dari pelayanan terhadap peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Dalam pelaksanaan BPJS selama tahun 2014, ditemui bahwa pencairan klaim masih belum sesuai dengan yang diharapkan (tepat waktu). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pencairan klaim BPJS di RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif untuk menganalisa proses pencairan klaim BPJS, dengan melakukan wawancara mendalam dengan pihak-pihak terkait, serta pengamatan langsung terhadap input, proses dan output dalam pencairan klaim.Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisa proses pencairan klaim BPJS, dengan melakukan wawancara mendalam dengan pihak-pihak terkait, serta pengamatan langsung terhadap input, proses dan output dalam pencairan klaim. Sedangkan validasi dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pencairan klaim BPJS di RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi belum terlaksana sesuai ketentuan yang telah ditetapkan. Dilihat dari komponen input kebijakan, kebijakan sudah ada namun belum berjalan dengan baik, pada komponen input dana pendukung, tidak ada permasalahan karena sudah tersedia dengan cukup, sedangkan pada input Sumber Daya Manusia, dalam segi jumlah sudah cukup namun belum menjalankan peran dan fungsi masing-masing secara sempurna, dan pada komponen input sarana dan prasarana sudah mencukupi walaupun masih ada kekurangan kualitas. Pada komponen proses ketepatan diagnosis, kelengkapan dokumen klaim, ketepatan pengkodean, ketepatan verifikasi, ketepatan penyampaian dokumen klaim masih belum dapat berjalan dengan lancar dan belum adanya Standar Operasional dan Prosedur (SOP). Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi segera menetapkan SOP tentang sistem dan mekanisme pencairan klaim BPJS dan melaksanakannya dengan konsisten, melakukan pendidikan dan pelatihan serta pembinaan yang terus menerus kepada semua petugas dan tenaga medis yang terkait dalam proses pencairan klaim, melakukan peningkatan kualitas sarana dan prasarana, melaksanakan koordinasi yang inten dengan pihak BPJS agar selalu terbentuk kesamaan persepsi, dan melakukan monitoring dan evaluasi secara rutin agar seluruh proses pencairan klaim dapat berjalan lancar sebagaimana mestinya. Kata kunci : Klaim, BPJS, RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi. Pustaka : 29 (1997-2014)
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | s2 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 04:20 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 04:20 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17576 |
Actions (login required)
View Item |