ALASAN ANGGOTA KOPERASI USAHA MIKRO MEMILIH KJKS-BMT (KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH- BAITUL MAALWAT TAMWIL) Studi Kasus: Anggota KJKS-BMT di Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Agesti, Budi Rahayu (2016) ALASAN ANGGOTA KOPERASI USAHA MIKRO MEMILIH KJKS-BMT (KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH- BAITUL MAALWAT TAMWIL) Studi Kasus: Anggota KJKS-BMT di Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemiskinan terus menjadi masalah fenomenal sepanjang sejarah Indonesia. Kemiskinan tidak hanya terjadi di wilayah pedesaan saja, namun kemiskinan masih menampakkan diri di wilayah perkotaan. Program terkait kemiskinan sudah banyak dilakukan, Upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan sosial pada masyarakat terus dikembangkan, begitu juga dalam peningkatan usaha mikro masyarakat. Karena usaha mikro merupakan kategori usaha bisnis berskala kecil yang dipercaya mampu memberikan kontribusi terhadap perekonomian Indonesia khususnya bagi usaha mikro rumah tangga miskin. Kehadiran KJKS-BMT sebagai pendatang baru dalam dunia pemberdayaan masyarakat melalui simpan pinjam syariah merupakan alternatif yang lebih inovatif dalam jasa keuangan, khususnya bagi anggota koperasi usaha mikro KJKS-BMT di Kelurahan Lambung Bukit. Namun selain KJKS-BMT ini ada juga bank konvensional seperti bank BRI yang juga memberikan bantuan pinjaman modal bagi pelaku usaha. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk mengetahui alasan anggota koperasi usaha mikro memilih KJKS-BMT. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan alasan anggota koperasi usaha mikro memilih KJKS-BMT. Penelitian ini menggunakan teori motif oleh Alfred Schutz, yang membagi motif dari sebuah tindakan menjadi dua yaitu because motive dan in order to motive. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dan pemilihan informan dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalam. Temuan dari penelitian ini dapat dibagi menjadi dua aspek sesuai dengan tujuan penelitian. Because motive anggota koperasi usaha mikro memilih KJKS-BMT adalah tidakan yang diambil oleh anggota berdasarkan pengalaman yang pernah mereka alami, dimana alasan tersebut diantaranya untuk menambah modal, banyaknya kemudahan dalam melakukan pinjaman (tidak ada jaminan, toleransi pembayaran yang telat dan angsuran jemput oleh pengurus), tidak memakai bunga, dan takut terjebak hutang yang lebih besar. Sedangkan in order to motive anggota koperasi memilih KJKS-BMT yaitu meningkatkan ekonomi keluarga, usaha yang dijalankan tetap bertahan dan bertambahnya jenis usaha. Kata kunci: Alasan, Usaha Mikro, KJKS-BMT, Because Motive, In Order to Motive

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 21 Oct 2016 07:24
Last Modified: 21 Oct 2016 07:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17541

Actions (login required)

View Item View Item