STRATEGI PEMASARAN KOPI CV. KINIKO ENTERPRISE DITABEK PATAH KABUPATEN TANAH DATAR

YAYANG DWI NOPIA, YDN (2016) STRATEGI PEMASARAN KOPI CV. KINIKO ENTERPRISE DITABEK PATAH KABUPATEN TANAH DATAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (PENDAHULUAN))
BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR (PENUTUP))
BAB AKHIR (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

STRATEGI PEMASARAN KOPI CV. KINIKO ENTERPRISE DITABEK PATAH KABUPATEN TANAH DATAR ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan faktor internal dan eksternalyang mempengaruhi pemasaran usaha kopi kiniko, (2) Merumuskan strategi pemasaranyang akan diterapkan oleh CV. Kiniko Enterprise di Tabek Patah Kabupaten TanahDatar. CV. Kiniko Enterprise merupakan salah satu industri menengah di KabupatenTanah Datar yang bergerak dibidang pengolahan makanan dan minuman tradisional.Kopi Kiniko merupakan kopi pertama yang mendapatkan Standar Nasional Indonesia(SNI) di Sumatera Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai matrik IFE yangdiperoleh yaitu 2.854 yang artinya usaha kopi Kiniko memiliki posisi internal yangkuat, dan nilai matrik EFE yaitu 3.113 yang berarti pemasaran kopi Kiniko memilikirespon yang kuat terhadap peluang-peluang dan ancaman yang dihadapi. Alternatifstrategi pemasaran yang bisa diterapkan (1) Memperluas daerah pemasaran produk (2)Meningkatkan daya tarik produk dengan menggunakan kemasan yang lebih baik danmenarik, (3) Melakukan promosi yang lebih intensif (4) Tetap menjaga kualitas,aromadan citarasa produk dan harga yang kompetitif (5) Memperbaiki kemasan (6)Meningkatkan kinerja tenaga kerja pemasaran (7) Memberikan bonus ataumeningkatkan potongan harga. Sedangkan strategi prioritas CV. Kiniko Enterpriseadalah memperluas daerah pemasaran produk seperti ke semua kabupaten yang ada diSumatera Barat dan daerah potensial lainnya, dan meningkatkan kinerja tenaga kerjapemasaran agar mampu memperluas wilayah pemasaran. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Industri Menengah, Industri Kopivii MARKETING STRATEGIES OF COFFEE CV. KINIKOCOMPANY AT TABEK PATAH, TANAH DATAR DISTRICT ABSTRACT The aims of this research are (1) describe the internal and external factors thatinfluence the marketing business of Kiniko’s coffee, (2) formulate the marketingstrategy that will be implemented by CV. Kiniko Enterprise at Tabek Patah District ofTanah Datar. CV. Kiniko company is one of the secondary industries at district of TanahDatar in processing food and traditional drink. Kiniko’s coffe is the first coffe which gotIndonesian National Standard (SNI) in West Sumatera. The results show that value ofIFE matrix is 2.854 means that Kiniko’ coffee company have strong internal position,and value of EFE matrix is 3.113 means that Kiniko’s coffe marketing have goodresponse to the opportunities and threats. Alternative marketing strategies that can beapplied are (1) expanding marketing areas, (2) increase the attractiveness of product byusing better and attractive packaging, (3) Change the promotion strategy , (4) Maintainquality, aroma, and taste of product with competitive price, (5) Improve packaging (6)Improve performance of marketing people, (7) Provide a bonus or increase of discounts.While the priority strategies of CV. Kiniko company is expanding areas of productmarketing to all districts in West Sumatera and other potential areas and improveworkforce performance marketing to be able to expand the marketing area.Keywords: Marketing Strategy, Secondary Industry, The Coffe Industryviii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 20 Oct 2016 07:17
Last Modified: 20 Oct 2016 07:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17535

Actions (login required)

View Item View Item