ANALISIS PENGARUH LALU LINTAS KENDARAAN BERMOTOR DI JALAN PELABUHAN TERHADAP MUTU UDARA AMBIEN

ZAIRIPAN, JAYA (2016) ANALISIS PENGARUH LALU LINTAS KENDARAAN BERMOTOR DI JALAN PELABUHAN TERHADAP MUTU UDARA AMBIEN. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Lalu lintas kendaraan bermotor pada Jalan Pelabuhan Krueng Geukuh berpotensi menimbulkan pencemaran udara ambien, yang disebabkan oleh hadirnya polutan CO dan NO2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui volume lalu lintas di Jalan Pelabuhan Krueng Geukuh pada Tahun 2014 saat pengambilan sampel CO dan NO2 dan nilai konsentrasi polutan CO dan NO2 yang dihasilkannya, serta memprediksi konsentrasi polutan CO dan NO2 pada Tahun 2015-2024. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan metode survai, selanjutnya data digunakan untuk memprediksi konsentrasi polutan CO dan NO2. Prediksi kedua jenis polutan tersebut menggunakan Metode Prediksi Polusi Udara Skala Mikro Akibat Lalu Lintas dari Departemen Pekerjaan Umum. Hasil perhitungan volume lalu lintas total dua arah pada Tahun 2014 saat pengambilan sampel CO dan NO2 adalah 295 kendaraan/jam, menghasilkan mutu polutan CO sebesar 1609,14 μg/Nm3 dan NO2 sebesar 8,66 μg/Nm3. Nilai konsentrasi tersebut dipengaruhi oleh kecepatan angin 0,1-1,8 m/det. Volume lalu lintas total dua arah jam puncak Tahun 2015 diprediksi sebesar 362 kendaraan/jam, diprediksi menghasilkan konsentrasi polutan CO sebesar 128,32 μg/m3 dan NO2 sebesar 6,82 μg/m3, nilai konsentrasi polutan tersebut dipengaruhi oleh kecepatan angin rata-rata 1,0 m/det dan menghasilkan konsentrasi polutan CO sebesar 12,83 μg/m3 dan NO2 sebesar 0.68 μg/m3, ketika konsentrasi tersebut dipengaruhi oleh kecepatan angin rata-rata 10,0 m/det. Sedangkan volume lalu lintas total dua arah jam puncak pada Tahun 2024 diprediksi sebesar 853 kendaraan/jam, menghasilkan konsentrasi polutan CO sebesar 319,71 μg/m3 dan NO2 sebesar 16,66 μg/m3, Nilai konsentrasi polutan tersebut dipengaruhi oleh kecepatan angin rata-rata 1,0 m/det dan menghasilkan konsentrasi polutan CO sebesar 31,97 μg/m3 dan NO2 sebesar 1,67 μg/m3, ketika konsentrasi tersebut dipengaruhi oleh kecepatan angin rata-rata 10,0 m/det. Baku mutu udara ambien nasional untuk polutan CO sebesar 30.000 μg/Nm3 dan NO2 sebesar 400 μg/Nm3. Secara kuantitatif, mutu atau konsentrasi polutan CO dan NO2 hasil pengukuran Tahun 2014 dan hasil prediksi pada Tahun 2015-2024 pada Jalan Pelabuhan Krueng Geukuh masih berada dibawah baku mutu udara ambien nasional. Kata Kunci : Volume lalu lintas, Kecepatan Kendaraan, Polutan CO dan NO2, Kecepatan angin

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 24 Oct 2016 03:05
Last Modified: 24 Oct 2016 03:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17393

Actions (login required)

View Item View Item