PENERAPAN MODEL REGRESI COX WEIBULL UNTUK MENENTUKAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAMA KESEMBUHAN PASIEN TUBERCULOSIS (Studi Kasus : Pasien TBC di Rumah Sakit dr. M. Djamil Padang)

Stepani, Burni Safitri (2016) PENERAPAN MODEL REGRESI COX WEIBULL UNTUK MENENTUKAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAMA KESEMBUHAN PASIEN TUBERCULOSIS (Studi Kasus : Pasien TBC di Rumah Sakit dr. M. Djamil Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

TBC merupakan suatu penyakit saluran pernafasan yang disebabkan bakteri Mycobacterium Tuberculosis dan dapat menyebabkan kematian. Meskipun demikian, dengan perawatan yang tepat, penyakit ini dapat disembuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi laju kesembuhan pasien penderita TBC di Rumah Sakit dr. M. Djamil Padang serta memodelkan laju kesembuhan pasien dan mengetahui laju kesembuhannya. Data lama rawat inap pasien penderita TBC di Rumah Sakit dr. M. Djamil Padang berdistribusi Weibull sehingga metode analisis yang digunakan adalah analisis survival dengan model regresi Cox Weibull. Diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi laju kesembuhan pasien penderita TBC adalah usia dan jenis kelamin. Dari nilai odds ratio diketahui bahwa pasien dengan jenis kelamin perempuan memiliki resiko sembuh sebesar 0,721 kali lebih besar dibandingkan pasien dengan jenis kelamin laki-laki dan diketahui juga bahwa jika usia bertambah satu tahun maka resiko penderita TBC untuk mencapai kesembuhan bertambah sebesar 1,007 kali dibandingkan pasien lain. Dari penelitian ini diketahui juga bahwa kebiasaan merokok berkorelasi dengan variabel jenis kelamin. Sehingga meskipun pengaruh kebiasaan merokok terhadap laju kesembuhan pasien penderita TBC tidak nyata, namun pengaruh ini dapat dianggap diwakili oleh variabel jenis kelamin. Kata kunci : TBC, Laju Kesembuhan, Analisis Survival, Regresi Cox Weibull

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: s1 matematika matematika
Date Deposited: 18 Oct 2016 06:55
Last Modified: 18 Oct 2016 06:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17344

Actions (login required)

View Item View Item