SINTESIS SENYAWA AURIVILLIUS LAPIS EMPAT PbBi4-xLaxTi4O15 DENGAN METODE LELEHAN GARAM MENGGUNAKAN CAMPURAN GARAM NaCl-KCl

Dhio, Aulia Harrisa (2016) SINTESIS SENYAWA AURIVILLIUS LAPIS EMPAT PbBi4-xLaxTi4O15 DENGAN METODE LELEHAN GARAM MENGGUNAKAN CAMPURAN GARAM NaCl-KCl. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
INTISARI.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Senyawa Aurivillius lapis empat PbBi4-xLaxTi4O15 (x = 0, 0,5, 1, 1,5) telah disintesis melalui teknik lelehan garam menggunakan campuran garam NaCl/KCl sebagai fluks. Produk dikarakterisasi dengan Difraksi Sinar-X, Scanning Electron Microscopy (SEM) dan LCR Meter. Produk terkristalisasi dalam struktur kristal orthorombik dan terdiri atas lapisan bismuth [Bi2O2]2+ dan lapisan perovskit [Am-1BmO3m+1]2-. Peningkatan sifat feroelektrik dapat dilakukan dengan mensubstitusi material dengan kation golongan Lantanida. Teknik lelehan garam menggunakan campuran NaCl/KCl digunakan pada sintesis ini karena sintesis produk dapat disintesis dengan suhu yang lebih rendah sehingga pengerjaannya lebih murah dan juga karena ketertarikan untuk mengeskplorasi jenis campuran garam pada metode ini. Dari data karakterisasi yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa dari data XRD, sampel yang disintesis menunjukkan senyawa Aurivillius lapis empat. Data SEM menunjukkan bahwa sampel memperlihatkan morfologi berbentuk lempengan. Dari data LCR, konstanta dielektrik menunjukkan peningkatan seiring peningkatan mol substitusi La3+.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 10 Oct 2016 07:58
Last Modified: 10 Oct 2016 07:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17276

Actions (login required)

View Item View Item