HUBUNGAN TINGKAT KONSUMSI GARAM TERHADAP KEJADIAN HIPERTENSI DI NAGARI LUNANG BARAT WILAYAH KERJA PUSKESMAS TANJUNG BERINGIN KECAMATAN LUNANG KABUPATEN PESISIR SELATAN TAHUN 2014

Devi Dewi, Santi (2014) HUBUNGAN TINGKAT KONSUMSI GARAM TERHADAP KEJADIAN HIPERTENSI DI NAGARI LUNANG BARAT WILAYAH KERJA PUSKESMAS TANJUNG BERINGIN KECAMATAN LUNANG KABUPATEN PESISIR SELATAN TAHUN 2014. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text
DEVI DEWI SANTI_FKEP UNAND.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hubungan Tingkat Konsumsi Garam Terhadap Kejadian Hipertensi di Nagari Lunang Barat Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Beringin Kecamatan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2014 ABSTRAK Kabupaten Pesisir Selatan, diketahui prevalensi hipertensi masih tinggi yaitu 30,6 %. Dari 18 Puskesmas yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan terdapat kejadian hipertensi tertinggi di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Beringin Kecamatan Lunang, yaitu 919 orang. Salah satu faktor yang mempengaruhi ingginya angka kejadian hipertensi adalah konsumsi garam yang berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat konsumsi garam erhadap kejadian hipertensi di Nagari Lunang Barat Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Beringin Kecamatan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2014. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional study dengan jumlah sampel 89 orang diambil dengan metode simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan pada pada tanggal 13 November s/d 10 Desember 2014. Pengukuran tekanan darah menggunakan alat sphygmomanometer & stetoskop. Sedangkan data tingkat mengkonsumsi garam menggunakan format FFQ dengan wawancara. Analisis data menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian ini didapatkan 55,1% tingkat konsumsi garam responden berada pada kategori tinggi, 51,7% responden mengalami hipertensi. Disarankan untuk dinas kesehatan untuk melakukan pendeteksian dini hipertensi serta melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya membatasi konsumsi garam. Kata Kunci : Konsumsi garam dan kejadian hipertensi Daftar Pustaka : 19 (2005– 2013)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Mr Zainal Abidin
Date Deposited: 05 Oct 2016 03:28
Last Modified: 05 Oct 2016 03:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17201

Actions (login required)

View Item View Item