PELAKSANAAN DAN TANGGUNGJAWAB DALAM PERJANJIAN PENGANGKUTAN MINYAK KELAPA SAWIT ANTARA PT. RIGUNAS AGRI UTAMA DENGAN PT. ARKATO

Yusni, Marolop Sihotang (2016) PELAKSANAAN DAN TANGGUNGJAWAB DALAM PERJANJIAN PENGANGKUTAN MINYAK KELAPA SAWIT ANTARA PT. RIGUNAS AGRI UTAMA DENGAN PT. ARKATO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (PENDAHULUAN))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV (PENUTUP))
BAB IV (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR KEPUSTAKAAN)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengangkutan adalah perjanjian timbal balik antara pengangkut dengan pengirim, dimana pengangkut mengikatkan diri untuk menyelenggarakan pengangkutan barang dan/ atau orang dari suatu tempat ketempat tujuan tertentu dengan selamat, sedangkan pengirim mengikatkan diri untuk membayar uang angkutan.Pada umumnya dalam suatu perjanjian pengangkutan pihak pengangkut adalah bebas untuk memilih sendiri alat pengangkutan yang hendak dipakainya. Dalam hal ini PT. Rigunas Agri Utama bertindak sebagai penyedia barang berupa minyak kelapa sawit, sedangkan yang bertindak sebagai pengangkut adalah PT. ARKATO.Maka dari itu rumusan masalah dalam hal ini bagaimana proses pelaksanaan perjanjian pengangkutan minyak kelapa sawit antara PT. Rigunas Agri Utama dengan PT. ARKATO dan perumusan masalah selanjutnya apa kendala perlaksanaan perjanjian pengangkutan minyak kelapa sawit. Dalam metode penulisan skripsi ini dilakukan dengan pendekatan masalah yuridis sosiologis yaitu suatu pendekatan masalah yang kemudian dihubungkan dengan fakta-fakta hukum dilapangan.dan ditambahkan dengan bahan hukum kepustakaan. Sewa menyewa jasa angkutan antara PT. Rigunas agri Utama dengan PT. ARKATO,masih terjadi wanprestasi yang dilakukan oleh kedua belah pihak yang mana masing – masing pihak menganggap perbuatan tersebut sebagai hal yang tidak menyalahi dari perjanjian yang di buat karena telah adanya rasa saling kepercayaan. Dalam hal ini masing – masing pihak tidak menemukan kendala pada tahap penawaran harga sewa, syarat penyewaan, dan cara pembayaran. Dalam perjanjian, PT. Rigunas Agri Utama harus mematuhi peraturan yang telah dibuat oleh PT. ARKATO, begitu juga sebaliknya PT. ARKATO harus menjalankan semua peraturan yang telah dibuat oleh PT. Rigunas Agri Utama dan yang kedua pelaksanaan Hak dan Kewajiban antara PT. ARKATO sebagai pihak yang menyewakan jasa angkutan dan PT. Rigunas Agri Utama sebagai pihak penyewa jasa angkutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 03 Oct 2016 07:10
Last Modified: 03 Oct 2016 07:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17086

Actions (login required)

View Item View Item