Kinerja Penyuluh Pertanian Sebagai Upaya Peningkatan Produksi Padi Petani Dalam Pencapaian Swasembada Pangan (Studi Kasus di Kecamatan Lubuk Alung dan Kecamatan Batang Anai) Kabupaten Padang Pariaman

Mimit, Karmita (2016) Kinerja Penyuluh Pertanian Sebagai Upaya Peningkatan Produksi Padi Petani Dalam Pencapaian Swasembada Pangan (Studi Kasus di Kecamatan Lubuk Alung dan Kecamatan Batang Anai) Kabupaten Padang Pariaman. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img] Text (Tesis)
tesis full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Meningkatnya produksi padi di Kabupaten Padang Pariaman, khususnya di Kecamatan Batang Anai dan Kecamatan Lubuk Alung, dapat tercapai karena hasil kerja dari berbagai pihak yang terlibat, salah satunya adalah penyuluh pertanian. Berperannya penyuluh pertanian dalam peningkatan produksi padi, dapat terlihat dari kinerja yang dihasilkan oleh penyuluh pertanian. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan kinerja penyuluh pertanian dan mendeskripsikan faktor–faktor yang menentukan kinerja dari penyuluh pertanian dalam kegiatan peningkatan produksi padi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan tanggal 10 Februari s/d 25 Maret 2016 di Kecamatan Batang Anai dan Kecamatan Lubuk Alung. Jumlah informan yang digunakan sebanyak 32 orang yang terdiri dari 2 orang penyuluh di wilayah kerja BPK, 10 orang penyuluh nagari, dan 20 orang dari petani. Terdapat dua jenis data yang digunakan, yaitu data sekunderdan data primer, dimana teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan teknik wawancara. Fokus penelitian adalah kinerja penyuluh pertanian sebagai pendamping dalam peningkatan produksi padi, dan faktor-faktor yang menentukan kinerja penyuluh pertanian. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah kinerja penyuluh pertanian sebagai pendamping kegiatan peningkatan produksi padi berada pada kategori baik. Faktor-faktor yang menentukan kinerja penyuluh pertanian adalah umur, tingkat pendidikan, pengetahuan penyuluh, motivasi penyuluh, tempat tinggal penyuluh, dan fasilitas untuk penyuluh, sedangkan jenis kelamin tidak terlalu menentukan kinerja penyuluh pertanian. Kata kunci: kinerja, faktor-faktor yang berkaitan dengan kinerja, penyuluh pertanian, produksi padi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 pembangunan wilayah
Date Deposited: 06 Oct 2016 02:21
Last Modified: 06 Oct 2016 02:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17074

Actions (login required)

View Item View Item