Isolasi Senyawa Kumarin dari Ekstrak Etil Asetat Akar Jarak Merah (Jatropha gossypifolia L.) dan Uji Toksisitas dengan Metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT)

APRIMA, REZA (2016) Isolasi Senyawa Kumarin dari Ekstrak Etil Asetat Akar Jarak Merah (Jatropha gossypifolia L.) dan Uji Toksisitas dengan Metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI APRIMA REZA -1210415001-.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keaktifan dan keefektifan penggunaan dari tanaman obat dipengaruhi oleh keberadaan kandungan bahan aktif yang terdapat dalam tanaman obat tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengisolasi senyawa metabolit sekunder serta menentukan sifat toksisitas ekstrak etil asetat pada tumbuhan akar jarak merah. Sampel yang digunakan adalah ekstrak etil asetat yang diperoleh secara maserasi dengan pelarut etil asetat. Isolasi senyawa dilakukan dengan metode kromatografi kolom yang menggunakan silika gel sebagai fasa diam dan heksana, etil asetat, dan metanol sebagai fasa gerak secara SGP (Step Polarity Gradient) kemudian dilakukan pemurnian kromatografi lapis tipis (KLT) dengan eluen heksana:etil asetat (8:2). Senyawa hasil isolasi yang didapat berupa padatan berwarna putih kekuningan yang merupakan golongan kumarin. Uji toksisitas dilakukan dengan metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT), hasilnya menunjukkan bahwa esktrak etil asetat mempunyai sifat toksisitas dengan LC50 yaitu 84,2545 µg/mL dan hasil kromatografi kolom dari ekstrak etil asetat mempunyai nilai LC50 berturut-turut yaitu Fraksi J (0,3480 g) 61,8231 µg/mL, Fraksi E (0,6160 g) 77,9086 µg/mL, dan Fraksi C(2,2220 g) 111,8789µg/mL. Kata Kunci: Jarak merah, Jatropha gossypifolia L., Kromatografi Kolom, KLT, BSLT

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 30 Sep 2016 04:17
Last Modified: 30 Sep 2016 04:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17062

Actions (login required)

View Item View Item