Pembangunan Aplikasi Web dan Mobile Sistem Informasi Geografis Industri Kerajinan untuk Mendukung Pariwisata di Sumatera Barat

Anggia, Septinurjesya Sunardi (2016) Pembangunan Aplikasi Web dan Mobile Sistem Informasi Geografis Industri Kerajinan untuk Mendukung Pariwisata di Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
BAB V.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Kepustakaan.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Sumatera Barat memiliki kekayaan alam dan kekayaan budaya yang menjadi salah satu daya tarik bagi daerah. Kerajinan merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki Sumatera Barat. Sektor industri kerajinan Sumatera Barat menghasilkan kerajinan berupa sulaman, bordiran, tenun, perak, dan mebel. Industri kerajinan di Sumatera Barat sendiri dibuat dengan metode individu atau handmade, bukan massal dan inilah yang menjadi nilai tambah produk kerajinan dari Sumatera Barat. Namun dengan keunggulan dari sektor industri kerajinannya, Sumatera Barat tidak banyak dikunjungi oleh wisatawan dibandingkan dengan daerah wisata lainnya, seperti Bali. Salah satu faktor yang mendukung industri kerajinan adalah transportasi, khususnya angkutan umum. Informasi mengenai industri kerajinan dan angkutan umum diperlukan untuk memberikan informasi yang efektif dan efesien pada wisatawan. Oleh karena itu, perlu dibangun sebuah aplikasi web dan mobile Sistem Informasi Geografis industri kerajinan untuk mendukung pariwisata yang menyediakan informasi terkait industri kerajinan. Laporan tugas akhir ini melaporkan pembangunan aplikasi web dan mobile Sistem Informasi Geografis industri kerajinan untuk mendukung pariwisata di Sumatera Barat. Aplikasi tersebut dibangun untuk platform android dengan menggunakan Basic4Android dan bahasa pemrograman PHP untuk mengakses server. Database yang digunakan adalah PostgreSQL yang memiliki ekstensi PostGIS. Pengujian aplikasi menggunakan blackbox testing dari data industri kerajinan Sumatera Barat, hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi yang dibangun telah sesuai dengan kebutuhan fungsional dan sesuai dengan hasil pengujian yang dilakukan secara manual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 28 Sep 2016 07:02
Last Modified: 28 Sep 2016 07:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17006

Actions (login required)

View Item View Item