Komposisi Formula Beauveria bassiana Bals.(Deuteromycotina: Hypomycetes) untuk Pengendalian Crocidolomia pavonana Fabr. (Lepidoptera: Pyralidae)

Rita, Ardiana (2016) Komposisi Formula Beauveria bassiana Bals.(Deuteromycotina: Hypomycetes) untuk Pengendalian Crocidolomia pavonana Fabr. (Lepidoptera: Pyralidae). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi Rita Ardiana.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

KOMPOSISI FORMULA Beauveria bassiana Bals. (Deuteromycotina: Hyphomycetes) UNTUK PENGENDALIAN Crocidolomia pavonana Fabr. (Lepidoptera : Pyralidae) ABSTRAK Beauveria bassiana Bals. merupakan salah satu cendawan entomopatogen yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai agens hayati terutama untuk ordo Coleoptera, Hemiptera dan Lepidoptera. Penelitian terdahulu telah memformulasi B. bassiana dan bahan pembawa terbaik adalah tepung sagu dan tepung kulit udang. Tujuan dari penelitian ini menentukan komposisi formula B. bassiana yang efektif dalam mengendalikan C. pavonana. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yaitu 7 perlakuan dengan 4 ulangan. Perlakuannya adalah perbedaan komposisi formula B. bassiana: A (50% tepung B. bassiana, 30% tepung sagu , 20% tepung kulit udang), B (45% tepung B. bassiana, 40% tepung sagu , 15% tepung kulit udang), C(40% tepung B. bassiana, 50% tepung sagu , 10% tepung kulit udang), D (35% tepung B. bassiana, 60% tepung sagu, 5% tepung kulit udang), biakan B. bassiana, insektisida sintetik dan kontrol aquades. Parameternya adalah kerapatan konidia, daya kecambah konidia, mortalitas larva, pupa terbentuk, dan imago terbentuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa formula B. bassiana dengan komposisi 50% tepung B. bassiana: 30% tepung sagu: 20% tepung kulit udang merupakan formula terbaik dalam mengendalikan C. pavonana dengan rata-rata mortalitas larva 70,00% dan LT50 4,57 hari juga mengandung 8,25 x 109 konidia/g, daya kecambah konidia 82,09%. Kata kunci : Komposisi, Formula, B. bassiana, C. pavonana

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 26 Sep 2016 07:59
Last Modified: 26 Sep 2016 07:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16964

Actions (login required)

View Item View Item