KAJIAN POLIFARMASI DAN POTENSI INTERAKSI OBAT PADA PASIEN GERIATRI DI INSTALASI RAWAT INAP BANGSAL PENYAKIT DALAM RSUP. Dr. M. DJAMIL PADANG PERIODE 2015-2016

Riri, Adekurnia (2016) KAJIAN POLIFARMASI DAN POTENSI INTERAKSI OBAT PADA PASIEN GERIATRI DI INSTALASI RAWAT INAP BANGSAL PENYAKIT DALAM RSUP. Dr. M. DJAMIL PADANG PERIODE 2015-2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img] Text (tugas akhir full text)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Peresepan obat yang tidak tepat dan penggunaan banyak obat dapat menyebabkan morbiditas dan mortalitas. Polifarmasi merupakan faktor penyebab terjadinya interaksi obat, khususnya pada pasien geriatri. Tujuan utama dilakukannya penelitian ini adalah untuk menentukan kejadian polifarmasi dan potensi interaksi obat-obat. Penelitian ini dilakukan di Instalasi Rawat Inap Bangsal Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang. Pengambilan data dilakukan secara retrospektif menggunakan data rekam medik pasien geriatri (Januari 2015-Mei 2016) dan dianalisis secara deskriptif. Pasien berusia ≥ 60 tahun merupakan kriteria inklusi pada penelitian ini. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pasien geriatri rata-rata menerima enam obat secara bersamaan dengan persentase pasien laki-laki dan perempuan sebesar 67,71 dan 32,28%. Potensi interaksi obatobat terjadi pada 76,68% pasien. Interaksi yang terjadi diantaranya mayor, moderat, dan minor. Moderat merupakan interaksi yang paling banyak terjadi, yaitu sebesar 72,28%. Dokter seharusnya meresepkan kombinasi obat yang rasional dan apoteker seharusnya mengaplikasikan pelayanan kefarmasian untuk meningkatkan kualitas hidup pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 26 Sep 2016 03:31
Last Modified: 26 Sep 2016 03:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16952

Actions (login required)

View Item View Item