FORMULASI SEDIAAN PEWARNA PIPI DALAM BENTUK PADAT MENGGUNAKAN ANTOSIANIN DARI EKSTRAK UBI JALAR UNGU (Ipomoea batatas L.)

Lefrina, Gusriani (2016) FORMULASI SEDIAAN PEWARNA PIPI DALAM BENTUK PADAT MENGGUNAKAN ANTOSIANIN DARI EKSTRAK UBI JALAR UNGU (Ipomoea batatas L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
bab I .pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
bab V .pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pewarna pipi adalah salah satu sediaan kosmetika yang dapat digunakan untuk tujuan dekoratif dengan sentuhan artistik sehingga dapat meningkatkan estetika dalam tata rias wajah. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat sediaan pewarna pipi dalam bentuk padat menggunakan ekstrak ubi jalar ungu yang mengandung pigmen antosianin dalam jumlah yang besar sebagai pewarna. Ekstrak ubi jalar ungu diperoleh dengan cara teknik maserasi menggunakan pelarut etanol yang ditambahkan 1% asam sitrat. Formula pewarna pipi dibuat dengan variasi konsentrasi dari ekstrak ubi jalar ungu yaitu F1(0%), F2 (5%), F3 (10%), F4 (15%), F5 (20%). Evaluasi yang diakukan antara lain: pemeriksaan mutu fisik (homogenitas, uji poles, uji keretakan), kemudian uji stabilitas pada suhu ruangan selama 30 hari, lalu uji iritasi dengan metode uji temple terbuka dan uji stabilitas. Hasil pemeriksaan mutu fisik sediaan menunjukkan bahwa semua sediaan memiliki warna yang homogen, F2, F3, F4 merupakan sediaan dengan polesan yang baik sedangkan F5 merupakan sediaan yang tidak patah setelah pengujian uji keretakan. Semua sediaan tidak mengiritasi dan stabil selama 30 hari penyimpanan pada suhu kamar. F4 merupakan sediaan yang paling disukai oleh panelis berdasarkan hasil uji kesukaan. Hasil-hasil tersebut menunjukkan bahwa ekstrak ubi jalar ungu dapat digunakan sebagai pewarna dalam sediaan pewarna pipi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 23 Sep 2016 08:12
Last Modified: 23 Sep 2016 08:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16924

Actions (login required)

View Item View Item