PENGARUH JUMLAH BAHAN AKTIF Beauveria bassiana (Bals.) Vuill. TERHADAP Spodoptera litura Fabr. (Lepidoptera : Noctuidae)

Zahara, Aswarni (2016) PENGARUH JUMLAH BAHAN AKTIF Beauveria bassiana (Bals.) Vuill. TERHADAP Spodoptera litura Fabr. (Lepidoptera : Noctuidae). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK PDF.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
PENDAHULUAN PDF.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
KESIMPULAN DAN SARAN PDF.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI UTUH BB.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Beauveria bassiana (Balsamo) Vuillemin merupakan salah satu jamur entomopatogen yang dapat mengendalikan Spodoptera litura Fabricus (Lepidoptera : Noctuidae). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan jumlah bahan aktif B. bassiana yang efektif terhadap larva S. litura. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 7 taraf perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan A, B, C, D adalah perbedaan jumlah bahan aktif B. bassiana yaitu 50, 45, 40, 35 gram biakan B. bassiana pada beras yang dicampur dengan 30 gram tepung sagu dan 20 gram tepung udang; perlakuan E biakan B. bassiana pada media SDAY; perlakuan F tanpa aplikasi B. bassiana; perlakuan G insektisida kimia sintetik berbahan aktif deltametrin. Aplikasi dilakukan dengan cara penyemprotan perlakuan ke 10 larva S. litura untuk setiap ulangan. Parameter yang diamati adalah kerapatan konidia, daya kecambah konidia, mortalitas larva, pupa yang terbentuk, imago yang terbentuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan A merupakan formulasi yang efektif dengan mortalitas larva S. litura tertinggi 70,00 % dengan nilai LT50 selama 6,57 hari, pupa terbentuk 30,00 % dan imago terbentuk 27,50 %. Perlakuan A memiliki kerapatan konidia 8,37 x 109 konidia/gram dan daya kecambah 81,70 %. Kata kunci: Formulasi, Beauveria bassiana, Spodoptera litura

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 22 Sep 2016 07:39
Last Modified: 22 Sep 2016 07:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16894

Actions (login required)

View Item View Item