FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PILIHAN MAHASISWA MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI UNIVERSITAS ANDALAS (Studi Kasus Organisasi Mapala Unand)

ARMEN, NERI PURNAMA (2016) FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PILIHAN MAHASISWA MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI UNIVERSITAS ANDALAS (Studi Kasus Organisasi Mapala Unand). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Mahasiswa merupakan seorang individu yang melakukan studi di perguruan tinggi, dalam kehidupannya seorang mahasiswa akan dihadapkan dengan kegiatan perkuliahan dan kegiatan ekstrakurikuler. Universitas andalas memiliki organisasi mahasiswa sebagai wadah bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan ekstrakurikuler. Organisasi Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) merupakan salah satu organisasi mahasiswa yanh ada di Universitas Andalas. Organisasi MAPALA bergerak dibidang kepecinta alaman, kegiatan mereka pada umumnya dalam bentuk kegiatan alam bebas, seperi olah raga arus deras, panjat tebing, penelusuran goa, dan kegiatan rimba gunung. Dalam hal ini seorang mahasiswa akan dihadapkan pada pilihan dalam pelaksanaannya. Pilihan untuk mengikuti kegiatan perkuliahan dan kegiatan di organisasi yang diikuti. Hal inilah yang menjadi daya tarik bagi peneliti untuk menelitinya, faktor yang mempengaruhi sorang mahasiswa untuk melakuakn kegiatan ekstrakurikuler. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pilihan mahasiswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan mengetahui bagaimana seorang mahasiswa yang aktif dalam sebuah organisasi mahasiswa memanajemen kegiatannya. Kebudayaan membentuk prilaku individu, prilaku akan menentukan pilihan individu tersebut. Apa yang mendorong mereka untuk ikut dalam organisasi mahasiswa. Bagaimana bentuk kegiatan kegiatan yang dilakukan di dalam organisasi Mapala Unand. Bagai mana mereka menyesuaikan antara kegiatan perkuliahan dengan kegian organisasi Mapala Unand. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa berdasar data-data, pengamatan dan wawancara selama dilapangan, faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan mahasiswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dibagi kedalam dua bentuk yaitu faktor internal : pengalaman pribadi, minat dan bakat, dan faktor eksternal : lingkungan Mapala Unand,ajakan dan ikut ikutan teman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 22 Sep 2016 04:53
Last Modified: 22 Sep 2016 04:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16889

Actions (login required)

View Item View Item