HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DAN STRATEGI KOPING DENGAN KUALITAS HIDUP KLIEN SKIZOFRENIA DI UNIT PELAYANAN JIWA A RSJ PROF. DR. HB SAANIN PADANG 2016

Tigor, Abdurrahman Thomi (2016) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DAN STRATEGI KOPING DENGAN KUALITAS HIDUP KLIEN SKIZOFRENIA DI UNIT PELAYANAN JIWA A RSJ PROF. DR. HB SAANIN PADANG 2016. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Updated Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB penutup.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
KARYA ILMIAH LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skizofrenia termasuk jenis psikosis yang menempati urutan atas dari seluruh gangguan jiwa. Klien skizofrenia biasanya mengalami kesulitan beradaptasi dengan diri sendiri dan lingkungannya sehingga mempengaruhi terhadap kualitas hidupnya. Kualitas hidup klien skizofrenia dipengaruhi sosiodemografi, dukungan sosial, peristiwa stres serta proses mengatasi stres. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan strategi koping dengan kualitas hidup klien skizofrenia di Unit Pelayanan jiwa A RS Prof. Dr. Hb Saanin Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah responden 173 orang klien skizofrenia di Unit Pelayanan jiwa A RS Prof. Hb. Saanin Padang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Penelitian dilakukan mulai bulan Mei hingga Juni 2016. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang bermakna antara umur (r=-0,632), status pekerjaan (p=0.025), status pernikahan (p=0.049), status pendidikan (p=0.003),dukungan sosial (p= 0.010) dan strategi koping (p=0.028) dengan kualitas hidup pasien skizofrenia. Tidak ada hubungan bermakna antara jenis kelamin (p=0.121) dengan kualitas hidup. Hasil penelitian memberi masukan bagi perawat dan instansi terkait agar mempertahankan dan meningkatkan kualitas hidup klien skizofrenia dengan menciptakan kedekatan emosional agar optimalnya dukungan sosial yang dibutuhkan klien serta pendidikan kesehatan mengenai penggunaan strategi koping dalam peningkatan kualitas hidup klien skizofrenia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 18 Oct 2016 04:03
Last Modified: 18 Oct 2016 04:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16884

Actions (login required)

View Item View Item