HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PARTISIPATIF DALAM PELAKSANAAN MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN NAGARI (STUDI PADA NAGARI MUARO SIJUNJUNG KECAMATAN SIJUNJUNG KABUPATEN SIJUNJUNG)

MEGA, ASBUT (2016) HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PARTISIPATIF DALAM PELAKSANAAN MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN NAGARI (STUDI PADA NAGARI MUARO SIJUNJUNG KECAMATAN SIJUNJUNG KABUPATEN SIJUNJUNG). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1. Abstrak.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
2. BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Kesimpulan))
3. BAB Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img] Text (Thesis full text)
5. Thesis Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) membutuhkan komunikasi partisipatif yang efektif antara aparatur pemerintah sebagai narasumber dengan masyarakat sebagai partisipan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas komunikasi partisipatif dalam penyelenggaraan Musrenbang dan hubungan karakteristik individu dengan efektivitas komunikasi partisipatif dalam penyelenggaraan Musrenbang di Nagari Muaro Sijunjung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian ini adalah partisipan Musrenbang di Nagari Muaro Sijunjung Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung Tahun 2016. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 35 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa efektivitas komunikasi partisipatif dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Nagari Muaro Sijunjung Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung terbukti efektif. Karakteristik individu yaitu umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, konsumsi media berhubungan signifikan dengan efektivitas komunikasi partisipatif dalam pelaksanaan Musrenbang. Kata kunci: Karakteristik Individu, Efektivitas Komunikasi Partisipatif, Musrenbang

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 22 Sep 2016 04:29
Last Modified: 22 Sep 2016 04:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16865

Actions (login required)

View Item View Item