PROSES KOMUNIKASI PEMASARAN PROPERTI

Nurul, Firzia (2015) PROSES KOMUNIKASI PEMASARAN PROPERTI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
158.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada banyaknya pembangunan perumahan yang ada di Sumatera Barat terutama Kota Payakumbuh. Dengan berkembangnya usaha ini maka setiap perusahaan harus mempunyai cara dan trik khusus untuk menarik konsumen. Komunikasi pemasaran digunakan agar pesan yang disampaikan komunikator dapat dimengerti oleh si penerima dalam hal ini adalah calon konsumen. Perusahaan Pido Asri yang menjadi objek penelitian merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan perumahan dan merupakan pionir perumahan di Kota Payakumbuh. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses komunikasi pemasaran dalam pelaksanaan strategi bauran promosi oleh perusahaan Pido Asri dalam memasarkan perumahannya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya diolah menggunakan teknik analisis miles and huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan model komunikasi Braddock dan konsep bauran promosi (promotion mix) Hasil penelitian ini menunjukkan perusahaan Pido Asri menggunakan kelima bauran promosi atau promotion mix yang terdiri dari Public relation, advertising, sales promotion berupa pameran perumahan dan doorprize, personal selling yang merupakan ujung tombak proses pemasaran perumahan, dan direct marketing yang dilakukan melalui telemarketing dan mailing marketting. Karyawan perusahaan yang merupakan komunikator menyampaikan pesan tentang perumahan Pido Asri kepada calon konsumen yang merupakan komunikan dan perusahaan menggunakan media berupa iklan brosur, radio, dan baliho. Tujuan perusahaan menyampaikan pesan ini agar membentuk brand awareness khalayak dan memberikan efek terjualnya perumahan. Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Promotion mix, Properti

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Muqtadirurrijal Muqta
Date Deposited: 18 Feb 2016 08:32
Last Modified: 18 Feb 2016 08:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/1683

Actions (login required)

View Item View Item