Evaluasi Potensi Interaksi Obat Antibiotik pada Pasien Pediatri Penderita Meningitis di IRNA Anak RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2015

Ayu, Larassati (2016) Evaluasi Potensi Interaksi Obat Antibiotik pada Pasien Pediatri Penderita Meningitis di IRNA Anak RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2015. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
Bab V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Meningitis pada masa kanak-kanak adalah salah satu penyebab penting kematian pada anak dibawah 5 tahun. Secara umum, terapi yang diberikan untuk meningitis adalah antibiotik. Pemberian antibiotik secara bersamaan dengan obat lain atau makanan dapat menimbulkan interaksi obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi potensi interaksi obat pada pasien pediatri penderita meningitis. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dengan metode retrospektif. Penelitian ini dilakukan di RSUP Dr. M. Djamil Padang dan sampel penelitian adalah pasien pediatri penderita meningitis pada tahun 2015. Analisis data secara statistic dengan uji chi-square. Interaksi obat ditentukan menggunakan Drug Interaction Facts dan www.drugs.com. Hasil penelitian interaksi obat terjadi pada 57 pasien (89%). Kombinasi obat yang berpotensi berinteraksi adalah ampisilin-gentamisin (14,5%), ampisilin-kloramfenikol (9%), dan etambutol isoniazid; isoniazid-rifampisin, pirazinamid-rifampisin (7,5%). Dari penelitian ini disimpulkan bahwa umur, jenis kelamin, diagnosa, outcome klinis, komplikasi dan jumlah obat tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan jumlah interaksi obat yang potensial (p>0,05).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 22 Sep 2016 01:55
Last Modified: 22 Sep 2016 01:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16772

Actions (login required)

View Item View Item