BIOGRAFI LUKMAN BAHRI DATUK RAJO BAGOGA: DARI PRAJURIT TNI HINGGA WALI NAGARI TANJUNG ALAM KABUPATEN TANAH DATAR 1971-2009

Maizola, Anggraini (2016) BIOGRAFI LUKMAN BAHRI DATUK RAJO BAGOGA: DARI PRAJURIT TNI HINGGA WALI NAGARI TANJUNG ALAM KABUPATEN TANAH DATAR 1971-2009. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
06 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
10 Bab I zolla.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
14 BAB V zolla.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
15 daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “ Biografi Lukman Bahri Datuk Rajo Bagoga: Dari Prajurit TNI Hingga Wali Nagari Tanjung Alam 1971-2009. Pokok permasalahan yang dikaji adalah mencoba mengungkapkan kehidupan pribadi Lukman Bahri, terutama aktivitasnya sebagai seorang anggota TNI AD hingga menjadi wali nagari Tanjung Alam. Dengan melakukan pendekatan sejarah pengalaman hidup dan pengalaman sebagai anggota TNI, maka kajian ini mengungkapkan latar belakang keluarga, masa kecil, remaja dan pendidikan serta pengalaman di lapangan ketika itu. Metode yang digunakan adalah metode ilmu sejarah yang mencakup empat tahapan yaitu, heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Sumber penelitian dihimpun dari studi perpustakaan dan kearsipan. Sejarah lisan atau penulisan lisan juga diterapkan sebagai pemecahan keterbatasan sumber tertulis yakni dengan menggunakan teknik wawancara yang terarah dan sasaran yang hendak dicapai adalah karya sejarah yang bercorak deskriptif-analisis. Lukman Bahri merupakan seorang anggota TNI AD yang lahir di Jorong Sawah Parik, Tanjung Alam, Tanah Datar pada tanggal 10 November 1952. Selama dinas di TNI Lukman Bahri berperan aktif dalam beberapa operasi militer dalam melakukan penumpasan gerakan separatisme yang pernah terjadi di Indonesia. Kiprah Lukman Bahri dalam melakukan penumpasan terlihat saat melakukan penumpasan terhadap peristiwa GPK di TimorTimur dan pengendalian pengungsian Vietnam di Pulau Natuna. Setelah pensiun dari TNI AD, Lukman Bahri menjadi wali nagari Tanjung Alam, Tanah Datar dalam dua periode 2001-2009. Selama menjadi wali nagari banyak hal yang dilakukan oleh Lukman Bahri untuk nagari Tanjug Alam, seperti dalam pembangunan fisik maupun non fisik terhadap nagari. Selain itu, Lukman Bahri juga terlibat menjadi anggota KAN di nagari Tanjung Alam, karena Lukman Bahri juga merupakan seorang penghulu kaum bagi kemenakan ataupun keluarganya. Dari penulisan Biografi Lukman Bahri ini dapat disimpulkan bahwa Lukman Bahri merupakan seorang anggota TNI yang menjadi salah satu saksi sejarah yang mempunyai peranan yang sangat penting selama bertugas sebagai TNI. Dalam setiap operasi militer yang dilakukannya Lukman Bahri menjadi seorang prajurit yang memiliki kelebihan yakni cerdas dan berani dalam melaksanakan setiap tugas yang diterimanya. Kelebihan dalam membaca gerak gerik musuh merupakan salah satu kelebihan Lukman Bahri yang terlihat dalam setiap operasi militer yang dilakukannya. Lukman Bahri selalu mengemban tugas yang diberikan tanpa ada rasa menyesal dan menjalaninya dengan penuh keikhlasan. Sifat jujur dan tegas menjadi pedoman bagi Lukman Bahri dalam kehidupan pribadinya serta hal tersebut selalu diterapkan Lukman Bahri dalam kehidupan bersama keluarganya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CT Biography
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: s1 ilmu sejarah
Date Deposited: 20 Sep 2016 07:01
Last Modified: 20 Sep 2016 07:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16753

Actions (login required)

View Item View Item