Jenis Transaksi Antara Petani Dengan Usaha Penggilingan Padi Di Nagari Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam

Mareta, Fitria (2016) Jenis Transaksi Antara Petani Dengan Usaha Penggilingan Padi Di Nagari Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
3. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
5. SKRIPSI UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik petani yang menggunakan jasa rice milling unit dan jasa penggilingan padi keliling, mengidentifikasi jenis transaksi yang dilakukan, dan mendeskrispsikan hubungan antara karakteristik petani dengan transaksi yang dilakukan oleh petani dengan usaha penggilingan padi di Nagari Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Metode pengambilan sampel yaitu metode cluster sampling dengan jumlah sampel sebanyak 21 orang petani yang menggunakan rice milling unit dan 30 orang petani yang menggunakan penggilingan padi keliling. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan petani sampel dan melalui observasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik petani yang menggunakan rice milling unit adalah petani yang cenderung memiliki luas lahan yang besar, hasil produksi yang tinggi, hasil produksi digunakan untuk konsumsi dan dijual, dan status petani sebagai petani pemilik. Jenis transaksi yang dilakukan oleh petani dengan rice milling unit yaitu ada yang menggiling padi saja yaitu sebesar 42,86%, menjual padi saja yaitu sebesar 4,76%, meminjam uang sekaligus menjual padi sebesar 14,29%, dan menggiling sekaligus menjual padi sebesar 38,10%. Petani yang menggunakan jasa penggilingan padi keliling adalah petani yang cenderung memiliki karakteristik luas lahan yang sempit, hasil produksi yang kecil, hasil produksi digunakan untuk konsumsi saja, dan petani berstatus sebagai petani penyakap. Jenis transaksi yang dilakukan oleh petani dengan penggilingan padi keliling hanya sebatas menggiling padi saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 19 Sep 2016 03:30
Last Modified: 19 Sep 2016 03:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16745

Actions (login required)

View Item View Item