PENGARUH PENAMBAHAN ASAP CAIR DAN LAMA PENYIMPANAN PADA SUHU RUANG TERHADAP TOTAL KOLONI BAKTERI, pH, DAN KADAR AIR SUSU SEGAR

Dion, Gilang Cendikia (2016) PENGARUH PENAMBAHAN ASAP CAIR DAN LAMA PENYIMPANAN PADA SUHU RUANG TERHADAP TOTAL KOLONI BAKTERI, pH, DAN KADAR AIR SUSU SEGAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrack dion.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V (KESIMPULAN).pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)

Abstract

PENGARUH PENAMBAHAN ASAP CAIR DAN LAMA PENYIMPANAN PADA SUHU RUANG TERHADAP TOTAL KOLONI BAKTERI, pH, DAN KADAR AIR SUSU SEGAR. Dion Gilang Cendikia, dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. Ellyza Nurdin, MS dan Indri Juliyarsi, SP, MP Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2016 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan asap cair dan lama penyimpanan pada susu segar terhadap total koloni bakteri, pH, dan kadar air. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Susu segar yang digunakan dalam penelitian ini adalah susu segar yang diperoleh dari peternakan sapi perah di Kelurahan Limau Manis, Kodya Padang. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pola faktorial 4×4 dengan 3 ulangan, dengan faktor A adalah konsentrasi asap cair (0,00%, 0,10%, 0,15% dan 0,20%) dan faktor B adalah lamanya penyimpanan (0 jam, 4 jam, 6 jam, 8 jam). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi berbeda nyata (P<0,05) antara penambahan asap cair dan penyimpanan terhadap perhuitungan tolal kioloni bakteri susu segar. dan tidak terdapat interaksi berbeda nyata (P>0,05) antara penambahan asap cair terhadap pH dan kadar air. Perlakuan A2 yaitu perlakuan dengan konsentrasi asap cair 0,10 % menunjukkan hasil terbaik dengan rataan total koloni bakteri 33,25 × 104 CFU/ml pH 6,56 dan kadar air 87,19 %. Kata kunci : Asap cair, kualitas susu, masa simpan, mikroorganisme.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 22 Sep 2016 03:23
Last Modified: 22 Sep 2016 03:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16741

Actions (login required)

View Item View Item