HUBUNGAN UMUR, DURASI KERJA DAN PENCAHAYAAN DENGAN KELUHAN SUBJEKTIF KELELAHAN MATA PADA PENJAHIT PASAR RAYA KOTA PADANG TAHUN 2016

ANNE, SINTIA (2016) HUBUNGAN UMUR, DURASI KERJA DAN PENCAHAYAAN DENGAN KELUHAN SUBJEKTIF KELELAHAN MATA PADA PENJAHIT PASAR RAYA KOTA PADANG TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA ANNE.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
TA UTUH ANNE.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Penjahit memiliki risiko mengalami kelelahan mata karena pekerjaan monoton yang terus-menerus melihat objek kecil. Hasil Riskesdas (2013) menunjukkan prevalensi kerusakan fungsi penglihatan dan mempunyai tajam penglihatan kurang dari 6/18 pada umur produktif (15-54 tahun) sebesar 1,49% dan prevalensi kebutaan sebesar 0,5%. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara umur, durasi kerja dan pencahayaan dengan keluhan subjektif kelelahan mata pada penjahit Pasar Raya Kota Padang Tahun 2016. Metode Desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, dilakukan di Pasar Raya Kota Padang bulan Februari sampai Juli 2016. Variabel yang diteliti adalah umur, durasi kerja dan pencahayaan terhadap keluhan subjektif kelelahan mata. Jumlah sampel 51 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data secara univariat dan bivariat dengan 95% CI (α = 0,05) Hasil Hasil analisis didapatkan 72,5% penjahit mengalami keluhan subjektif kelelahan mata, 66,7% memiliki umur berisiko, 76,5% memiliki durasi kerja yang tidak normal, 74,5% intensitas pencahayaan tidak memenuhi syarat. Variabel yang memiliki hubungan yang bermakna adalah umur dan pencahayaan, sedangkan variabel yang tidak berhubungan adalah durasi kerja. Kesimpulan Terdapat hubungan yang bermakna antara umur dan pencahayaan dengan keluhan subjektif kelelahan mata.Diharapkan dinas pasar meningkatkan intensitas pencahayaan dan meletakkan benda-benda yang memiliki kontras yang dapat menyejukkan mata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 16 Sep 2016 07:41
Last Modified: 16 Sep 2016 07:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16723

Actions (login required)

View Item View Item