AKSESIBILITAS DALAM PEMILIHAN UMUM BAGI PENYANDANG DISABILITAS MENURUT HUKUM INTERNASIONAL DAN IMPLEMENTASINYA DI INDONESIA

Mustika, Febri Ramadhan (2016) AKSESIBILITAS DALAM PEMILIHAN UMUM BAGI PENYANDANG DISABILITAS MENURUT HUKUM INTERNASIONAL DAN IMPLEMENTASINYA DI INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (911kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi full text 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Setiap manusia memiliki hak dan kesempatan yang sama termasuk dalam kegiatan Pemilihan Umum. Dalam pelaksanaannya, semua orang tidak dapat melaksanakannya secara maksimal, terutama bagi penyandang disabilitas yang memiliki keterbatasan. Untuk melaksanakan kegiatan Pemilihan Umum tersebut, para penyandang disabilitas membutuhkan suatu aksesibilitas agar mampu memenuhi hak politiknya. Masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah : pertama, mengetahui pengaturan aksesibilitas dalam pemilihan umum bagi penyandang disabilitas dilihat dari Hukum Interasional dan Hukum Nasional Indonesia. Kedua, melihat apa yang menjadi hambatan yang dihadapi penyandang disabilitas dalam pemilihan umum. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan penelitian hukum normatif yang ditunjang dengan penelitian hukum sosiologis. Penelitian ini dilakukan di wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Data yang digunakan adalah data sekunder yang kemudian ditunjang dengan data primer. Menggunakan teknik analisa data dengan metode kualitatif. Berdasarkan Hukum Internasional, pengaturan mengenai aksesibilitas dalam pemilihan umum telah menggunakan berbagai macam teknologi canggih yang tujuannya agar mempermudah para penyandang disabilitas pada saat menyalurkan suaranya sehingga tidak ada lagi warga negaranya yang kesulitan dalam menyalurkan suara. Sedangkan dilihat dari Hukum Indonesia, sampai saat ini, aksesibilitas yang disediakan oleh penyelenggara masih konvensional. Sehingga banyak penyandang disabilitas tidak menyalurkan suaranya pada saat Pemilihan Umum karena pelaksanaannya tidak efektif. Ada 2 faktor penghambat dalam persoalan ini, yakni pertama, hambatan berupa data pemilih yang masih bermasalah serta pengumuman dan pelaksanaan Pemilihan Umum yang tidak efektif. Kedua, hambatan dalam teknis pelaksanaan pemilihan umum berupa aturan yang masih belum jelas mengenai akses sehingga pada saat terjadi pelanggaran, tidak banyak upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Kata Kunci : aksesibilitas dalam pemilihan umum, penyandang disabilitas, hukum international, hukum nasional indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 15 Sep 2016 07:44
Last Modified: 15 Sep 2016 07:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16709

Actions (login required)

View Item View Item