Model Laju Perubahan Nilai Tukar Rupiah (IDR) Terhadap Poundsterling (GBP) dengan Metode Markov Switching Autoregressive (MSAR)

Uqwatul, Alma Wizsa (2016) Model Laju Perubahan Nilai Tukar Rupiah (IDR) Terhadap Poundsterling (GBP) dengan Metode Markov Switching Autoregressive (MSAR). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab i)
BAB I.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
BAB V.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
fullversion.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perubahan struktur yang sering terjadi pada data deret waktu diduga dipengaruhi oleh suatu variabel acak tak teramati atau disebut dengan state. Perubahan struktur diidentifikasi dengan melihat pola nonlinier pada data yang biasanya berupa pelonjakan nilai yang sangat mencolok dan signifikan. Model Markov Switching Autoregressive (MSAR) oleh Hamilton merupakan suatu model yang dihasilkan dari penggabungan rantai Markov dan model klasik Autoregressive yang mampu menjelaskan perubahan struktur pada data deret waktu. Salah satu data yang sering mengalami perubahan struktur adalah data nilai tukar. Oleh karena itu, penelitian ini akan menentukan model terbaik bagi laju perubahan nilai tukar rupiah (IDR) terhadap poundsterling (GBP), menentukan besar peluang perpindahan dan bertahannya suatu state, serta besarnya dugaan durasi masing-masing state menggunakan metode Markov Switching Autoregressive (MSAR). Pada nilai tukar dimisalkan terdapat dua state apresiasi dan depresiasi. Diperoleh bahwa model terbaik yaitu MS(2)AR(1) dengan peluang transisi apresiasi ke apresiasi 0,979882, apresiasi ke depresiasi 0,020118, depresiasi ke depresiasi 0,451971, dan depresiasi ke apresiasi 0,548029. Sedangkan dugaan durasi pada apresiasi 49,7067 bulan dan durasi pada depresiasi 1,82462 bulan. Kata Kunci: state, rantai Markov, stasioner, parameter, peluang transisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: s1 matematika matematika
Date Deposited: 14 Sep 2016 08:33
Last Modified: 14 Sep 2016 08:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16682

Actions (login required)

View Item View Item