EFEKTIVITAS PELATIHAN TEKNIS PADA DINAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET (DPKA) KOTA PADANG DALAM PENERAPAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (SIPKD)

Gianno Abdiel, Mahessa (2015) EFEKTIVITAS PELATIHAN TEKNIS PADA DINAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET (DPKA) KOTA PADANG DALAM PENERAPAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (SIPKD). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201512170948th_skripsi gianno abdiel mahessa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pelatihan teknis yang dilakukan oleh Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPKA) Kota Padang dalam penerapan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD). SIPKD merupakan pedoman atau rujukan dalam pertanggungjawaban pengelolaan keuangan pada SKPD-SKPD dalam pemerintah daerah. Di Kota Padang telah diterapkan sejak tahun 2008, dan sejak itu pula DPKA rutin melakukan pelatihan-pelatihan teknis guna meningkatkan kemampuan SDM yang menjalankan aplikasi SIPKD tersebut. Untuk pelatihan teknis yang terakhir dilakukan DPKA pada bulan Maret 2015, terlihat proses pelatihannya telah berjalan dengan efektif. Hal ini dapat dilihat dari positifnya penilaian yang diberikan oleh pemateri dan peserta, baik itu dari reaksi peserta terhadap materi, pemateri, metode penyampaian materi, serta sarana dan prasarana yang disediakan. Kemampuan peserta pun terlihat cukup baik selama proses pelatihan, begitu pula dengan perilaku peserta seperti kedisiplinan, keseriusan, etika kerja dan tingginya semangat/antusiasme yang ditunjukkan oleh para peserta. Dari segi absen peserta pun sangat baik, 100% mengikuti pelatihan, selama proses pelatihan pun jarang ditemukan keluhan dari para peserta dan kesalahan-kesalahan dari peserta. Untuk biaya yang tersedia selama proses pelatihan juga cukup memenuhi serta pengeluaran yang sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan selama proses pelatihan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Untuk mendeskripsikan efektivitas pelatihan tersebut dilakukan teknik triangulasi. Teori yang peneliti gunakan diturunkan dari Faustino Cardoso Gomes yang terdiri dari 5 variabel yaitu: 1) Reactions (Reaksi); 2) Learning (Kemampuan atau Pengetahuan); 3) Behaviors (Perilaku); 4) Organizational Results (Hasil Organisasi); dan 5) Costs Effectivity (Efektivitas Biaya). Efektifnya proses pelatihan teknis SIPKD tentunya akan berdampak pada peningkatan kemampuan dan kinerja para peserta pelatihan teknis yang dalam hal ini adalah operator-operator yang bekerja di setiap SKPD di Kota Padang. Keefektifan proses pelatihan teknis SIPKD tidak terlepas dari kesadaran para peserta akan pentingnya materi pelatihan guna meningkatkan kinerjanya, serta para pemateri atau tim pelatih yang memang memiliki kemampuan dalam mengoperasikan SIPKD serta menyampaikan materi pelatihan. Jadi, penerapan SIPKD akan berjalan dengan lancar dan efektif ketika proses pelatihan teknisnya berjalan dengan efektif pula, karena kemampuan para operator akan meningkat serta menghasilkan kinerja yang baik. Kata Kunci: Efektivitas, Proses Pelatihan Teknis, Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 08 Sep 2016 08:15
Last Modified: 08 Sep 2016 08:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16606

Actions (login required)

View Item View Item