AKTIVITAS INSEKTISIDA CAMPURAN EKSTRAK AIR BUAH Piper aduncum L.(PIPERACEAE) DAN BATANG Cymbopogon citratus (DC.)Stapf (POACEAE) TERHADAP LARVA Crocidolomia pavonana F. (LEPIDOPTERA ; CRAMBIDAE)

Adventus, Supriadi (2016) AKTIVITAS INSEKTISIDA CAMPURAN EKSTRAK AIR BUAH Piper aduncum L.(PIPERACEAE) DAN BATANG Cymbopogon citratus (DC.)Stapf (POACEAE) TERHADAP LARVA Crocidolomia pavonana F. (LEPIDOPTERA ; CRAMBIDAE). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1. Abstrak - Adventus.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
2. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
3. BAB V Akhir Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img] Text (Full Text Skripsi)
Full Text Skripsi - Adventus .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Crocidolomia pavonana merupakan hama penting pada famili Brassicaceae. Insektisida nabati merupakan salah satu alternatif untuk pengendalian hama yang layak dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat campuran ekstrak air buah sirih hutan Piper aduncum (Piperaceae) dan ekstrak batang Sereh Cymbopogon citrtatus (Poaceae) terhadap larva Crocidolomia pavonana. Penelitian dilakukan dalam bentuk percobaan melalui dua tahap yaitu uji ekstrak tunggal dan uji ekstrak campuran, menggunakan rancangan acak lengkap (RAL). Parameter pengamatannya adalah mortalitas larva, efek antifeedant dan lama perkembangan larva. Kedua ekstrak yang diperoleh diuji terhadap larva instar II C. pavonana dengan metode celup daun (lama pemberian daun perlakuan 48 jam). Hasil analisis probit menggunakan program Polo PC diperoleh LC50 pada konsentrasi 2,83% dan LC95 pada konsentrasi 5,79%. Berdasarkan nilai indeks kombinasi, campuran ekstrak P. aduncum dan C. citratus pada LC50 bersifat antagonis dan pada LC95 bersifat aditif. Ekstrak campuran P. aduncum dan C. citratus tergolong lemah dalam mempengaruhi aktivitas makan larva C. pavonana yaitu 41%, juga memperpanjang masa perkembangan larva 0,24 hari pada stadia larva instar II ke instar III, dan 0,97 hari dari stadia larva instar III ke instar IV. Kata Kunci : Ekstrak Campuran, Mortalitas, C. pavonana, P. aduncum, C. citratus, antagonis, aditif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 08 Sep 2016 07:16
Last Modified: 08 Sep 2016 07:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16592

Actions (login required)

View Item View Item