FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN DERAJAT KEPARAHAN INFEKSI DENGUE DI BAGIAN RAWAT INAP PENYAKIT DALAM RSUPDR.M. DJAMIL PADANG TAHUN 2015

Nadiyah, Chairina (2015) FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN DERAJAT KEPARAHAN INFEKSI DENGUE DI BAGIAN RAWAT INAP PENYAKIT DALAM RSUPDR.M. DJAMIL PADANG TAHUN 2015. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Kesimpulan & Saran)
BAB 6 KESIMPULAN & SARAN.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Keparahan Infeksi Dengue di RSUP Dr. M. Djamil meningkat setiap tahun dari 9 kasus DSS tahun 2014 menjadi 26 kasus DSS tahun 2015.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor–faktor yang berhubungan dengan derajat keparahan infeksi dengue. Metode Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Dilakukan dengan menganalisis data rekam medis pasien rawat inap bagian penyakit dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2015. Sampel penelitian ini adalah seluruh pasien yang didiagnosis mengalami infeksi dengue tahun 2015 yang berjumlah 78 sampel dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengolahan data menggunakan analisis univariat, bivariat (uji chi-square) dan analisis multivariat (regresi cox). Hasil Hasil univariat penelitian didapatkan bahwa sampel dengan infeksi dengue parah 48,7%. Hasil analisis bivariat menunjukkan umur (p-value 0,35), jenis kelamin (p-value 0,07), sumber pembiayaan berobat (p-value 0,96), Lama demam SMRS(p-value 0,03) riwayat infeksi dengue (p-value 0,35), dan komorbid (p-value 0,29) dengan derajat keparahan infeksi dengue. Hasil analisa multivariat menunjukan lama demam SMRS (p-value 0,11), jenis kelamin (p-value 1,18), lama demam SMRS setelah dikontrol jenis kelamin ∆PR% >10% (78,8%). Kesimpulan Tidak terdapat hubungan sigifikan antara umur, jenis kelamin, sumber pembiayaan berobat, riwayat infeksi dengue dan komorbid dengan derajat keparahan infeksi dengue. Lama demam SMRSmerupakan variabel yang berhubungan dengan derajat keparahan infeksi dengue. Lama demam SMRS≥4 hari memiliki risiko sebesar 3,3 kali untuk mengalami infeksi dengue parah. Jenis kelamin merancu hubungan lama demam SMRS dengan derajat keparahan infeksi dengue. Disarankan kepada RSUP. Dr. M. Djamil Padanguntuk meningkatkan promosi kesehatan terkait dengan keterlambatan melakukan pengobatan untuk menghindari terjadinya infeksi dengue parah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 15 Sep 2016 08:35
Last Modified: 15 Sep 2016 08:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16581

Actions (login required)

View Item View Item