OPTIMASI EKSTRAKSI ANTIOKSIDAN DALAM TUMBUHAN SURUHAN (Peperomia pellucida L. Kunth) MENGGUNAKAN ULTRASONIK DAN PENENTUAN KADARNYA DENGAN METODE DPPH

Vika, Samila Fitri (2016) OPTIMASI EKSTRAKSI ANTIOKSIDAN DALAM TUMBUHAN SURUHAN (Peperomia pellucida L. Kunth) MENGGUNAKAN ULTRASONIK DAN PENENTUAN KADARNYA DENGAN METODE DPPH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
3. BAB V. Penutup.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
5. Tugas Akhir Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tumbuhan suruhan (Peperomia pellucida L. Kunth) secara tradisional telah dimanfaatkan dalam mengobati berbagai penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengekstraksi antioksidan dalam tumbuhan suruhan dengan metode ultrasonik dan menentukan kandungan antioksidan dengan metode 1,1-difenil-2-pikrilhidrazil (DPPH). Ekstraksi konvensional umumnya memerlukan waktu yang lama dan suhu tinggi yang dapat merusak senyawa antioksidan, sehingga digunakan metode ekstraksi yang lebih efisien salah satunya menggunakan gelombang ultrasonik. Pada penelitian ini pengekstraksian dilakukan dengan berbagai parameter uji sehingga diperoleh kandungan antioksidan yang optimal. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan pada berbagai parameter diperoleh kondisi optimum pengekstraksian yaitu menggunakan 10 mL pelarut akuades, berat sampel uji 0,2 g, waktu pengekstraksian 40 menit, dan kondisi sampel kering. Kandungan antioksidan sebagai asam askorbat dalam tumbuhan suruhan yang diukur dengan menggunakan kondisi optimum adalah 42,4675 mg/g DW. Validasi metode yang telah dilakukan menunjukkan linearitas (r) -0,9959, LoD 2,4752 mg/L; LoQ 8,2507 mg/L; SDR 1,52; rasio Horwitz 1,18 dan persen perolehan kembali 97,96%. Berdasarkan nilai-nilai ini dapat disimpulkan bahwa metode pengekstraksian dengan ultrasonik dan penentuan kandungan antioksidan dalam sampel tumbuhan suruhan (Peperomia pellucida L. Kunth) dengan metode DPPH baik untuk diterapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 09 Sep 2016 03:39
Last Modified: 09 Sep 2016 03:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16579

Actions (login required)

View Item View Item