Pengaruh Kepadatan Bahan Dalam Ketel Saat Penyulingan Terhadap Rendemen dan Sifat Fisiko Kimia Minyak Daun Kayu Manis (Cinnamomum zeylanicum)

ridho, may pendi (2016) Pengaruh Kepadatan Bahan Dalam Ketel Saat Penyulingan Terhadap Rendemen dan Sifat Fisiko Kimia Minyak Daun Kayu Manis (Cinnamomum zeylanicum). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
dapus.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img] Text (full text)
SKRIPSI...pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kepadatan bahan dalam ketel saat penyulingan terhadap rendemen dan sifat fisiko kimia minyak daun kayu manis (Cinnamomum zeylanicum) serta menentukan tingkat kepadatan terbaik saat proses penyulingannya. Penelitian ini telah dilakukan di Laboratorium Balai Penelitian Tanaman Obat dan Rempah (BALITTRO) Laing Solok dan Laboratorium Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas Padang pada bulan Oktober 2015 sampai dengan Februari 2016. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. Data dianalisis secara statistika dengan menggunakan uji ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Perlakuan dalam penelitian ini adalah perbedaan kepadatan bahan dalam ketel yaitu kepadatan bahan 75 g/L, 105 g/L, 135 g/L, 165 g/L dan 195 g/L. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepadatan bahan dalam ketel saat penyulingan berpengaruh nyata terhadap nilai rendemen minyak, namum tidak berpengaruh nyata terhadap hasil pengujian sifat fisiko kimia minyak yang dihasilkan. Dalam penelitian ini diperoleh kepadatan bahan terbaik dalam ketel saat penyulingan yaitu pada kepadatan bahan 135 g/L yang menghasilkan kadar eugenol 64,36 %, rendemen 0,72 %, berat jenis 1,042 g/cm3, indeks bias 1,525, putaran optik -12,167, kelarutan dalam alkohol 1: 2,033, warna kuning muda. Kata kunci : Minyak daun kayu manis (Cinnamomum zeylanicum), Kepadatan bahan, Penyulingan, Ketel

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 07 Sep 2016 07:53
Last Modified: 07 Sep 2016 07:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16551

Actions (login required)

View Item View Item