YOANA, TRI WAHYUNI (2013) PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI MELALUI MULTI LEVEL MARKETING DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text
29.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
Abstract
Penjualan berjenjang atau Multi Level Marketing (MLM) adalah sistem penjualan yang memanfaatkan konsumen sebagai tenaga penyalur secara langsung. Perusahaan pusat akan menjual produknya kepada konsumen. Selanjutnya konsumen akan berperan sebagai distributor dengan menyalurkan produk dan menawarkan harga kepada konsumen selanjutnya sesuai harga produksi ditambah komisi yang menjadi haknya karena secara tidak langsung telah membantu kelancaran distribusi. Distributor tersebut tidak hanya mencari konsumen untuk membeli produknya saja, tetapi juga mencari konsumen-konsumen untuk dijadikan downline, yang secara aktif membeli produk dari perusahaan pusat dan akan membangun downline juga, dan begitu seterusnya. Berdasarkan hal tersebut diatas, maka penulis mencoba mengkaji peranan konsumen sebagai pemakai, pelanggan sekaligus sebagai tenaga pemasaran pada perusahaan MLM Q-Net Next Team kota Padang. Skripsi ini berupaya menelaah dan mengulas tentang hak dan kewajiban serta perlindungan hukum yang diberikan oleh Undang-Undang, mekanisme transaksi MLM pada perusahaan Q-Net, serta kendala dalam pelaksanaan perjanjian transaksi perusahaan Q-Net Next Team. Didalam pembahasan terhadap permasalahan tersebut penulis melakukan penelitian dengan metode penelitian deskriptif, dimana tahap awal penulis melakukan penelitian terhadap data sekunder dan tahap selanjutnya penulis melakukan penelitian dengan tehnik wawancara dan mengumpulkan bahan dari nara sumber yaitu bagian pemasaran pada PT. Q-Net. Dari penelitian tersebut dapat diketahui bahwa perlindungan hukum terhadap konsumen yang diberikan Oleh Undang-undang diatur dalam UUPK dan Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia No.73/MPP/KEP/2/2000 tentang penjualan berjenjang. Selain itu yang berkaitan langsung dengan MLM adalah beberapa persoalan yang menyangkut tentang perjanjian dalam transaksi. Kemudian tanggung jawab masing-masing pihak dalam melaksanakan transaksi dan tanggung jawab setelah melakukan transaksi untuk menghindari segala bentuk tindakan yang merugikan pihak konsumen serta penyelesaiannya apabila terjadi sengketa konsumen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | Ms Lyse Nofriadi |
Date Deposited: | 18 Feb 2016 07:52 |
Last Modified: | 18 Feb 2016 07:52 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/1654 |
Actions (login required)
View Item |