HUBUNGAN DEBIT AIR PADA ALAT BAGI PROPORSIONAL PARAKU TERHADAP KEBUTUHAN AIR SAWAH DI DESA SITUGAR KECAMATAN LINTAU BUO UTARA

Herry, Noldi (2015) HUBUNGAN DEBIT AIR PADA ALAT BAGI PROPORSIONAL PARAKU TERHADAP KEBUTUHAN AIR SAWAH DI DESA SITUGAR KECAMATAN LINTAU BUO UTARA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201512011547st_herry noldi - 0811113101.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini, dilaksanakan pada bulan Maret sampai April tahun 2015 di Daerah Irigasi Gurun Bandar Situgar, Kenagarian Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar, dengan tujuan untuk menentukan korelasi antara debit air pada alat bagi proporsional paraku dengan kebutuhan air tanaman. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengukur debit air dengan cara menggunakan persamaan ambang lebar yang tersebar sebanyak 21 paraku, dikorelasikan dengan kebutuhan air setiap sawah yang dapat terairinya. Hasil dari penelitian menunjukan adanya hubungan antara debit pada alat bagi paraku dengan kebutuhan air sawah yang dialirinya dengan nilai korelasi adalah R2 = 0,9533 . Artinya, berhubungan korelasi antara debit dengan kebutuhan air pada sawah yang dialirinya sangat erat, mendekati linear karena mendakati angka 1. Kata kunci : Sistem Jaringan Irigasi, Paraku*), Ketersediaan Air. *) Paraku adalah nama alat bagi air secara porposional, yang merupakan istilah lokal di sekitar Gunung Sago dan Merapi atau Kawasan Minangkabau daratan. Alat ini terbuat dari kayu yang sudah direndam bertahun-tahun dan dibuat takuak untuk jalannya air sesuai dengan pembagian luas sawah dan kebutuhan air sawah yang dialirinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 06 Sep 2016 09:46
Last Modified: 06 Sep 2016 09:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16505

Actions (login required)

View Item View Item