WESNAWATI, WESNAWATI (2015) PENGARUH PELATIHAN MANAJEMEN NYERI BAGI PERAWAT TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PENERAPAN MANAJEMEN NYERI DI IRNA NON BEDAH PARU DAN SARAF RSUP DR. M DJAMIL PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.
Text (Tesis)
201510291256th_tesis_wesnawati_1321312010.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (937kB) |
Abstract
Salah satu indikator mutu pelayanan kesehatan di ruang rawat inap adalah meningkatnya angka kenyamanan pasien atau nyeri terkontrol. Pengetahuan dan sikap yang akurat dalam penerapan manajemen nyeri merupakan prinsip penting dalam praktek keperawatan karena berdampak langsung terhadap pasien.Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap perawat mengenai manajemen nyeri adalah melalui pelatihan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pelatihan manajemen nyeri bagi perawat terhadap pengetahuan, sikap dan penerapan manajemen nyeri di IRNA Non Bedah Paru dan Saraf RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperiment dengan pendekatan one group pre-post test design. Sampel penelitian ini adalah perawat pelaksana yang berjumlah 30 orang diambil secara total sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner dan lembar observasi yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisa data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan, sikap, dan penerapan manajemen nyeri oleh perawat setelah pelatihan secara signifikan (p<0,005). Pelatihan secara berkelanjutan dan evaluasi penerapan mengenai manajemen nyeri, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan perawat dalam melaksanakan manajemen nyeri. Kata kunci: pelatihan manajemen nyeri, pengetahuan, sikap, penerapan Daftar pustaka: 61 (1991-2015)
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | Mr Roni Purnama |
Date Deposited: | 03 Sep 2016 09:44 |
Last Modified: | 03 Sep 2016 09:44 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16432 |
Actions (login required)
View Item |