FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENERAPAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT TIPE B KOTA BATAM

SAVITRI, GEMINI (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENERAPAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT TIPE B KOTA BATAM. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Tesis Fulltext)
201510191241th_savitri gemini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keselamatan pasien merupakan suatu sistem dimana rumah sakit membuat asuhan kepada pasien lebih aman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor yang berhubungan dengan penerapan budaya keselamatan pasien di ruang rawat inap. penelitian ini menggunakan deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 141 orang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan bermakna antara kompleksitas pengobatan, kerjasama unit, komunikasi, standar operasional prosedur dan kenyamanan tempat kerja dengan penerapan budaya keselamatan pasien (p<0,05). Penerapan budaya keselamatan pasien yang kuat menggambarkan mutu dan keberhasilan pelayanan di rumah sakit sehingga dapat menekan angka kejadian nyaris cedera dan kejadian tidak diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 03 Sep 2016 03:41
Last Modified: 03 Sep 2016 03:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16396

Actions (login required)

View Item View Item