FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DEMAM TIFOID DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUNGAI SARIAK KABUPATEN PADANG PARIAMAN

MERRI, SYAFRINA (2015) FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DEMAM TIFOID DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUNGAI SARIAK KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201510011020st_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Demam Tifoid adalah infeksi akut pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh Salmonella typhi. Penyakit ini berhubungan erat dengan sanitasi lingkungan yang tidak sehat dan personal hygiene yang jelek. Angka kejadian Demam Tifoid tertinggi di Kabupaten Padang Pariaman tahun 2015 berada di Puskesmas Sungai Sariak sebanyak 42 kasus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian demam tifoid di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2015. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kasus kontrol. Populasi kasus dari penelitian ini adalah semua penderita demam tifoid pada bulan Januari-Mei 2015 berdasarkan rekam medik Puskesmas Sungai Sariak. Populasi kontrol bukanlah penderita demam tifoid pada bulan Januari-Mei 2015 berdasarkan rekam medik Puskesmas Sungai Sariak. Sampel dari penelitian ini 42 kasus dan 42 kontrol. Instrumen penelitian berupa kuesioner dan lembar observasi. Data dianalisis dengan uji McNemar. Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara sarana pembuangan tinja (p=0,001, OR=3,57), sarana pembuangan limbah (p=0,000, OR=5,5),sarana air bersih (p=0,009, OR=3,16), kebiasaan cuci tangan setelah BAB (p=0,004, OR=3,8),kebiasaan cuci tangan sebelum makan (p=0,006, OR=3,33), kebiasaan mencuci bahan makan mentah (p=0,01, OR=3,2) dan tidak ada hubungan antara sarana pembuangan sampah (p=0,1) dengan kejadian demam tifoid. Kesimpulan Ada hubungan sarana pembuangan tinja, sarana pembuangan limbah, sarana air bersih, kebiasan mencuci tangan setelah BAB, kebiasaan mencuci tangan sebelum makan, kebiasan mencuci bahan makanan mentah, sedangkan sarana pembuangan sampah tidak memiliki hubungan dengan kejadian demam tifoid di wilayah kerja puskesmas Sungai Sariak. Saran bagi petugas sanitasi agar meningkatkan promosi kesehatan terutama tentang demam tifoid dan serta upaya pemutusan mata rantai penularan penyakit demam tifoid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 03 Sep 2016 02:47
Last Modified: 03 Sep 2016 02:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16389

Actions (login required)

View Item View Item