PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PT BANK SYARIAH MANDIRI KCP (KANTOR CABANG PEMBANTU) S. PARMAN PADANG

Agung, Putra Pratama (2015) PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PT BANK SYARIAH MANDIRI KCP (KANTOR CABANG PEMBANTU) S. PARMAN PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
ta full 1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bank Syariah Mandiri merupakan salah satu Bank Syariah di Indonesia yang mempunyai misi salah satunya adalah mewujudkan pertumbuhan dan keuntungan yang berkeseimbangan dengan cara selalu berupaya untuk memastikan dapat memberikan pelayanan nasabah yang memberikan nilai lebih dari sekedar kepuasan pelanggan. Sehingga kualitas pelayanan dan inovasi produk merupakan andalan Bank Syariah Mandiri dalam memenangkan hati pelanggan di tengah kompetensi berbagai produk perbankan saat ini. Hal ini juga mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen. Dengan komunikasi yang efektif maka Bank mampu membina hubungan pelanggan yang lebih dikenal dengan Customer Relationship Management (CRM) yang merupakan salah satu kegiatan yang penting dilakukan oleh Bank karena menyangkut masa depan jalannya sebuah perusahaan. Adapun tujuan penulis mengangkat topik ini untuk menciptakan loyalitas pelanggan karena dalam industri perbankan, penerapan CRM dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan dipandang sangat efektif memberikan pelayanan kepada nasabahnya. CRM akan mempermudah perusahaan untuk memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan dan perilaku mempertahankan dan pengembangan pelanggan. Penulis melakukan kegiatan magang di Bank Syariah Mandiri KCP S. Parman Padang. Kegiatan magang dilaksanakan selama 40 hari kerja yaitu pada tanggal 22 Desember 2014 s/d 31 Januari 2015 . Yang mana pada tanggal tersebut merupakan jadwal kegiatan magang. Kasus yang sering dialami oleh nasabah adalah lamanya penanganan permasalahan. Seperti yang dialami oleh nasabah Bank Syariah Mandiri yang tidak menggunakanaplikasi atau fasilitas kartu kredit Bank Syariah Mandiri. Namun, nasabah tersebut mendapat informasi termasuk dalam kategori macet untuk kartu kredit Bank Syariah Mandiri. Ketika dimintai konfirmasi, customer service yang menerima keluhan tidak mampu memberikan jawaban yang memuaskan ditambah lagi proses penanganan yang begitu lama, hal ini tentunya menyebabkan kerugian karena usahanya menjadi tidak berkembang.Berdasarkan contoh kasus diatas, permasalahan yang dipublikasikan ini bisa membuat citra perusahaan menjadi buruk dan menurunnya tingkat loyalitas nasabah. Agar tidak terjadi hal yang dapat merugikan image perusahaan, maka pihak Bank harus fokus terhadap pelayanan pelanggan. Peningkatan pelayanan kepada nasabah adalah hal yang sangat penting dalam usaha meningkatkan kepuasan para nasabah, karena di dalam bidang perbankan, nasabah sebagai konsumen merupakan asset penting dimana nasabah memberikan andil yang cukup besar dalam perkembangan reputasi perusahaan. Ketika kepuasan yang diberikan oleh customer service seperti rasa senang, rasa nyaman dan aman untuk nasabah atas perlakuan dan informasi yang diberikan mengenai hal yang berkaitan dengan produk-produk yang ditawarkan oleh bank, ataupun terhadap segala macam bentuk cara penyelesaian masalah yang dihadapi oleh nasabah dapat diselesaikan dengan baik, disaat itulah loyalitas nasabah meningkat. Melalui peningkatan kualitas layanan tersebut diharapkan nasabah akan menjadi puas dan loyal sehingga pada gilirannya kinerja perusahaan juga akan semakin meningkat. Oleh karena itu, aktivitas CRM sangat penting untuk meningkatkan loyalitas nasabah di bank Syariah Mandiri KCP S.Parman. Penerapan CRM memiliki banyak cara salah satunya memberikan hadiah kepada nasabah Bank Syariah Mandiri, hal ini penulis mendapatkan informasi dari pihak Bank tersebut. Bank Syariah Mandiri menarik dan mempertambah pelanggan dengan cara memberikan undian sebagai apresiasi atas loyalitas nasabah meningkatkan porsi dana konsumen, Bank Syariah Mandiri (BSM) memberikan hadiah kepada nasabah loyal melaui program BSM gelegar hadiah.Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka penulis tertarik untuk memahami dan membahas “Penerapan CRM PADA PT. Bank Syariah Mandiri KCP S.Parman Padang”

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AI Indexes (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Pemasaran
Depositing User: d3 pemasaran ekonomi
Date Deposited: 06 Sep 2016 03:50
Last Modified: 06 Sep 2016 03:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16313

Actions (login required)

View Item View Item